Respon Cepat Tanggapi Bencana Longsor, Kadis PUPR Kab. Kerinci Maya Novefri, Turunkan Alat Berat Ke Lokasi

More articles

spot_img

Kerinci, Investigasi.News – Derasnya curah hujan senin malam hingga mengakibatkan terjadinya bencana longsor di Desa Lubuk Nagodang, sehingga menutupi akses jalan nasional Kerinci menuju sumbar, dan juga menghambat mobilitas warga dan transportasi di wilayah tersebut.

Dalam menanggapi kejadian ini, pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kerinci bersama Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) dengan segeranya melakukan tindakan cepat untuk membersihkan material longsor dan memulihkan kembali akses jalan, Selasa, (11/06/2024).

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kerinci, Maya Novefry, bersama tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan instansi terkait yang tergabung dalam Satgas Tanggap Darurat Bencana, langsung turun ke lokasi longsor setelah menerima laporan dari masyarakat.

“Kami bergerak cepat sesuai perintah Bapak Pj. Bupati Asraf untuk memastikan penanganan yang cepat dan efektif. Alat berat dari Dinas PUPR dan BPJN telah kami turunkan untuk membersihkan material longsor yang menutupi jalan,” jelas Maya Novefry.

Selain di Desa Lubuk Nagodang, longsor juga terjadi di Alam Batu, Kelurahan Siulak Deras, Kecamatan Gunung Kerinci. Tim Satgas bersama Dinas PUPR Kabupaten Kerinci dan BPJN juga dikerahkan untuk menangani longsor di lokasi ini. “Upaya kami tidak hanya fokus pada pembersihan material longsor, tetapi juga memberikan bantuan kepada warga yang terjebak dan memastikan keselamatan mereka,” tambah Maya.

Dalam proses penanganan, tim gabungan bekerja tanpa henti untuk membuka kembali akses jalan nasional yang tertutup longsor.

“Kami berkomitmen untuk menyelesaikan pembersihan secepat mungkin agar aktivitas masyarakat dapat kembali normal. Koordinasi dengan BPBD dan instansi terkait terus dilakukan untuk memantau situasi dan mengambil tindakan yang diperlukan,” kata Maya.

Masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap kemungkinan longsor susulan dan segera melaporkan jika ada tanda-tanda pergerakan tanah. “Keselamatan warga adalah prioritas utama kami. Kami berharap masyarakat dapat bekerjasama dengan melaporkan kondisi terkini di lapangan,” ujar Maya.

Upaya penanganan bencana ini menunjukkan kesiapsiagaan dan respons cepat dari Pemerintah Kabupaten Kerinci dalam menghadapi situasi darurat. Bekerjasama antara Dinas PUPR, BPJN, BPBD, dan instansi terkait diharapkan mampu meminimalisir dampak bencana serta memastikan akses jalan nasional dapat segera digunakan kembali. Dengan langkah-langkah yang diambil, diharapkan aktivitas ekonomi dan sosial warga setempat dapat kembali berjalan dengan lancar.(Merliyah)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img