Sahabat UMKM, Program Terobosan Kota Malang untuk Mendukung Pelaku Usaha Lokal

More articles

spot_img

Kota Malang, Investigasi.news – Dalam upaya mendukung dan memajukan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Malang, Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat, meluncurkan program inovatif bernama “Sahabat UMKM”.

Program ini dirancang untuk memberikan dampak positif yang signifikan bagi perekonomian lokal dan membranding UMKM agar lebih dikenal luas oleh masyarakat.

“Sebagai Sahabat UMKM, saya ingin memastikan bahwa UMKM lokal mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan untuk berkembang,” ujar Pj Wali Kota Wahyu pada Selasa (18/06/2024).

Wahyu menjelaskan bahwa dirinya, bersama tim dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, akan terjun langsung ke lapangan. Mereka akan memantau proses produksi dan pemasaran, serta mengidentifikasi berbagai permasalahan dan kebutuhan para pelaku UMKM.

Baca Juga :  Terpilih Jadi Kepala Desa, Betri Indriati Siap Wujudkan Visi-Misi

“Kami ingin melihat secara langsung bagaimana proses produksi dan pemasaran mereka berjalan, serta mendengar langsung keluhan dan kebutuhan mereka. Semua ini akan difasilitasi oleh Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag),” tambahnya.

Program “Sahabat UMKM” tidak hanya terbatas pada kunjungan, tetapi juga menyediakan solusi nyata. Salah satu keluhan yang sering disampaikan oleh pelaku UMKM adalah persoalan permodalan.

Untuk mengatasi hal ini, Pemkot Malang akan memfasilitasi akses permodalan melalui BPR Tugu Arta, Bank Jatim, serta bank-bank lainnya.

“Kami akan bekerja untuk mendapatkan pengecualian perlakuan bagi pelaku UMKM di Kota Malang, terutama dalam hal pengajuan bantuan pendanaan,” imbuh Wahyu.

Dengan pendekatan yang proaktif dan kolaboratif, program ini diharapkan mampu memberikan solusi konkret bagi UMKM dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif di Kota Malang.

Baca Juga :  Kabupaten Malang Raih Sejumlah Penghargaan Bergengsi pada Hari Keluarga Nasional Ke-31

Guh

spot_img
spot_img

Latest

spot_img