Pengadaan Alat Peraga Edukatif TK Di Kabupaten Pangkep Tembus Hampir 1 Miliar

More articles

spot_img

Pangkep, Investigasi.newsSebuah pengadaan alat peraga edukatif (APE) untuk tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) di Kabupaten Pangkep menarik perhatian dengan anggaran yang signifikan, mencapai Rp 947.000.000.

Perusahaan CV Kallolo Utama Karya berhasil memenangkan pengadaan untuk enam TK dengan nilai per TK sekitar Rp 158 juta melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023.

Pantauan awak media, Selasa (23/4/24), mengungkapkan keberadaan alat peraga yang hanya menggunakan drum, yang diduga bekas dari penggunaan drum minyak. Tampaknya, sebagian besar terowongan bermain anak serta area playground menggunakan drum sebagai bahan utamanya. Total anggaran yang dialokasikan untuk ini mencapai Rp 158 juta.

Andi Haslinah, Kepala Bidang Pembinaan PAUD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pangkep, menjelaskan bahwa playground yang dimaksud berlokasi di luar ruangan dan terdiri dari beberapa item produk lainnya. Salah satunya adalah playground yang menggunakan drum, yang merupakan salah satu dari berbagai item yang tersedia, seperti ayunan, jungkat-jungkit, dan terowongan anak.

“Iya, ada beberapa itemnya. Untuk kategori playground itu sendiri berada di luar, sementara di dalam ruangan terdapat trampolin dan sepeda anak,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pangkep, Sofyan, menjelaskan bahwa perusahaan yang memenangkan kontrak pengadaan alat peraga tersebut merupakan satu-satunya pemenang tender dan telah memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk kegiatan pengadaan alat permainan.

“Iya, jadi memang perusahaan tersebut memiliki NIB, dan mereka menjalankan beberapa kategori usaha, termasuk untuk pengadaan alat permainan,” katanya.

Sumber  : AB/Kontributor Investigasi.news  Penulis   : Irwan

 

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img