Wawako Asrul Hadiri Penganugerahan Gelar Kehormatan Kepada Kapolda Sumbar

Padang Panjang, Investigasi.news – Wakil Wali Kota, Drs. Asrul menghadiri penganugerahan gelar kehormatan oleh Pasukuan Piliang, Nagari Pariangan, Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar kepada Kapolda Sumbar, Irjen Pol. Teddy Minahasa Putra, S.H, S.IK, M.H. Gelar “Tuangku Bandaro Alam Sati” dilewakan di Rumah Gadang Datuak Bandaro Kayo, Nagari Pariangan, Kamis (16/6).

Gelar yang diberikan Angku Datuak Bandaro Kayo Tampuak Tangkai Alam Minang Kabau Pasukuan Piliang ini, sebelumnya difasilitasi Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Tanah Datar dan LKAAM Sumbar, dengan pertimbangan jasa Kapolda Teddy dalam melaksanakan tugas di ranah Minang.

Sementara istrinya, Merthy Kushandayani Teddy juga diberi gelar Puti Sibadayu Alam.

Kegiatan penganugerahan gelar kehormatan ini diawali dengan pembacaan SK dari Pasukuan Piliang, dilanjutkan dengan pemasangan saluak oleh Ketua LKAAM Sumbar, Dr. Fauzi Bahar, M.Si Datuak Nan Sati dan keris oleh Angku Datuak Bandaro Kayo.

“Kegiatan ini merupakan sejarah baru bagi bupati Tanah Datar, di mana ada Peringatan Hari Bhayangkara sekaligus menyebarluaskan gelar Tuanku Bandaro Alam Sati,” ujar Fauzi Bahar saat memberikan sambutan.

Sementara itu, Kapolda Teddy menyampaikan terima kasih atas pemberian gelar tersebut. Baginya, itu bukanlah suatu prestasi tetapi merupakan suatu kewajiban terhadap pelaksanaan tugas.

“Amanah ini Insyaa Allah akan saya jaga dengan sebaik-baiknya. Saya menyadari gelar bukanlah suatu yang ringan, tetapi harus dilaksanakan dengan keikhlasan dan ketulusan,” kata Teddy.

Wawako Asrul ditempat terpisah mengucapkan selamat kepada Kapolda Teddy atas gelar kehormatan yang sudah dianugerahi.

“Kami mengucapkan selamat kepada Bapak Kapolda atas gelar yang sudah dianugerahkan ini. Semoga terus berjasa dalam melaksanakan tugas di ranah Minang,” ucapnya.

Ikut hadir, Wakapolda Sumbar Brigjen Pol. Edi Mardianto, S.IK, M.Si, pejabat utama Polda Sumbar, Bupati Tanah Datar, Eka Putra, S.E, M.M, Wali kota Bukittinggi, H. Erman Safar, S.H, Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Datuak Bandaro Rajo, Kapolres Kota Padang Panjang, AKBP Novianto Taryono, SH, M.IK, MH, Kapolres Tanah Datar, AKBP. Rully Indra Wijayanto, S.IK, M.Si, Ketua LKAAM Tanah Datar, H. Aresno Datuak Andomo. (Km/Mc)