Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal Huruf Menggunakan Media Papan Kata

More articles

spot_img

Oleh: Dita Muthiya Sani

Permainan menguraikan kata adalah metode yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan kata anak, Melalui permainan ini, seorang anak akan terlibat aktif dalam belajar sambil mengembangkan keterampilan yang kuat untuk membaca dan menulis. Perlu diberikan pendidikan yang sejalan dengan perkembangannya dalam hal ini. Terutama dalam aspek bahasa, mengenal huruf menjadi dasar awal pengembangan.

Memperkenalkan huruf pada anak akan menambah kosa kata anak serta dapat membantu untuk petumbuhan dan perkembangan anak dan membantu anak untuk bisa berkumunikasi untuk menyampaiakan keinginannya. Mampu mengenal huruf menjadi langkah utama dalam pengembangan literasi anak.

Kemampuan mengenal huruf menurut (Ade Chandra, 2017) adalah Kesanggupan dengan menganalisis tanda dan ciri penulisan yang berfungsi sebagai huruf abjad untuk soal bunyi bahasa. Oleh karena itu, kemampuan memahami kata, kemampuan anak memahami simbol, seperti tanda, saat menulis kata.

Baca Juga :  Ijuk Atap Rumah Gadang Istano Pagaruyung Warna Hitam Juga Digantungi Lebah Hitam

Lebih lanjut (Astrid Adisty, Rita Kurnia, 2021) menegaskan bahwa aktivitas yang merangsang kognisi seperti penglihatan digunakan untuk meningkatkan pengetahuan tentang huruf.

Proses pembelajaran yang terjadi saat ini masih sangat monoton dimana guru kurang menyiapkan media yang menarik bagi anak, guru selalu menggunakan media kertas untuk menulis secara berulang-ulang. Mengunakan media abjad tanpa gambar, anak merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran.

Untuk itu guru harus membuat media yang menarik serta dapat dilihat anak secara langsung dan guru harus menggunakan metode dengan cara bermain agar anak memiliki ketertarikan dalam mengikuti pembelajaran.
Menurut (Agung Pratama & Burstiando, 2015) agar anak tidak bosan pada saat belajar, digunakan berbagai media.

Baca Juga :  Ini Tips dari Profesor Trunojoyo Madura Untuk Yang Hobi Meneliti dan Ingin Dapat Hibah Miliaran Rupiah?

Apabila media yang
di buat oleh guru kurang menarik, maka dalam pembelajaran anak akan cenderung malas dan bosan. (Purwati, 2021) ada beberapa metode yang efektif untuk mengajarkan anak tentang huruf, yaitu: (1) mengenal banyak jenis kata (2)
menampilkan banyak jenis geometri (3) menyebutkan bunyi huruf dengan alfabet; (4) Menyebutkan huruf alfabet; (5) Menerapkan huruf alfabet (6) mengetahui huruf vocal.

Selain itu, permainan “menguraikan kata” juga dapat digunakan untuk mengontrol kosa kata anak. Seorang anak akan dihadapkan pada banyak kata baru yang harus mereka pelajari. Ini akan membantu mereka menyempurnakan pemahaman mereka tentang kata-kata yang ada di dunia.

Menurut (Septiani et al., 2018) anak usia 4 dengan 5 tahun mampu membedakan, mengetahui, melaksanakan tiga perintah, dan tugas serupa lainnya yang berkisar antara enam hingga sepuluh kata.

Baca Juga :  Guru Bergerak, Pendidikan Tangguh, Indonesia Tumbuh Maju

Dalam konteks pembelajaran, permainan ini dapat dimainkan baik secara individu maupun kelompok kecil. Anak dapat diberikan kata-kata yang sesuai dengan tingkat kemampuannya.

Seiring berjalannya waktu, jumlah kata menantang yang diberikan mungkin akan bertambah sesuai dengan perkembangan kemampuan anak.

spot_img
spot_img

Latest

spot_img