Bersihkan Batang Aia Katiak, Warga Agam Diminta Tak Lagi Buang Sampah Sembarangan

More articles

spot_img

Agam, Investigasi.news – Dalam upaya menegakkan disiplin dan kebersihan lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Agam tak kenal lelah melakukan aksi pembersihan di jalan nasional Batang Aia Katiak pada Minggu (31/3) lalu. Meski demikian, tantangan masih ada, dengan beberapa individu yang tetap nekat membuang sampah sembarangan di lokasi tersebut.

Tidak tinggal diam, Camat Ampek Angkek, Rahmat Fajri, telah menggerakkan kegiatan patroli untuk mengawasi perilaku membuang sampah warga di jalan nasional Batang Aia Katiak sejak Senin (1/4). Namun, upaya ini juga menemui hambatan karena masih ada yang melanggar aturan.

Lebih lanjut, Rahmat Fajri menyampaikan bahwa meskipun telah dilakukan pengawasan dan pembinaan, masih saja ada warga yang tidak patuh. Beberapa di antaranya bahkan tertangkap basah.

Dalam solidaritasnya, Rahmat Fajri menjelaskan bahwa kantor Camat akan melakukan piket untuk menangani masalah sampah sementara, dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Informasi mengenai larangan membuang sampah juga telah disebar melalui spanduk yang ditandatangani oleh para pemimpin setempat.

Camat Ampek Angkek dengan tegas mengingatkan warga akan konsekuensi hukuman bagi pelanggar, termasuk kurungan penjara atau denda sesuai dengan Peraturan Daerah No 10 Tahun 2017.

Namun, meski upaya telah dilakukan, masih ada celah yang dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk membuang sampah pada subuh hari, ungkap Rahmat Fajri.

Sementara itu, Kadis Lingkungan Hidup, Afniwirman, mengungkapkan bahwa DLH telah mengalokasikan armada khusus untuk melakukan patroli di lokasi-lokasi rawan pembuangan sampah liar, seperti Batang Aia Katiak, Batang Agam, dan Batagak, setiap hari kecuali Minggu.

Dalam menjawab tantangan ini, rencananya akan diadakan rapat koordinasi dengan Kecamatan Ampek Angkek dan Baso untuk menetapkan pengawas serta merencanakan pembukaan jalur pelayanan baru bagi nagari sekitar. Harapannya, tindakan ini dapat mengurangi perilaku membuang sampah sembarangan di area tersebut.

Komitmen untuk menjaga kebersihan lingkungan dan menangani perilaku membuang sampah sembarangan tetap menjadi prioritas bagi semua pihak terlibat, demi menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat bagi seluruh masyarakat Kabupaten Agam.

Daji

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img