107 Jamaah Haji Kota Pariaman Dilepas ke Mekah, Ini Harapan dan Pesan Pj. Wali Kota Roberia

More articles

spot_img

Kota Pariaman, Investigasi.news – Sebanyak 107 Jamaah Calon Haji (JCH) dari Kota Pariaman secara simbolis dilepas keberangkatannya menuju Kota Mekah untuk menunaikan rukun Islam yang kelima oleh Pj. Wali Kota Pariaman, Roberia, di Aula Pendopo Wali Kota Pariaman pada Rabu, 22 Mei 2024.

Para JCH ini terdiri dari 45 pria dan 62 wanita dan tergabung dalam kloter 13 (gelombang ke II) bersama dengan jamaah dari Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Padang, dengan total 353 orang.

Dalam sambutannya, Roberia menyatakan bahwa keberangkatan para jamaah calon haji ini adalah awal dari rangkaian ibadah haji dengan niat mengharap ridho Allah SWT, dan harus dijalani dengan niat yang tulus tanpa mengarah kepada hal-hal yang tidak relevan dengan status kita sebagai hamba Allah.

Baca Juga :  Pesona Budaya Tabuik Piaman 2024: Kemeriahan Maarak Jari-jari dan Antusiasme Warga

Ibadah haji yang merupakan salah satu rukun Islam diwajibkan bagi yang mampu melaksanakannya baik dari segi ekonomi maupun kesehatan, baik fisik maupun mental, serta harus memenuhi persyaratan baik dari ketentuan syariat maupun yang ditetapkan oleh pemerintah.

“JCH yang berangkat tahun ini adalah mereka yang beruntung mendapatkan panggilan untuk beribadah di tanah suci, sementara banyak lainnya masih menunggu giliran meski telah lama mendaftar,” kata Roberia.

“Saya berharap, para calon jamaah haji dari Kota Pariaman ini selain fokus melaksanakan rukun haji, juga dapat bertindak sebagai duta bangsa dan daerah yang berbaur dengan berbagai suku bangsa dan umat Islam dari seluruh dunia,” tambahnya.

Baca Juga :  Pilkades Serentak Kota Pariaman Diikuti Wartawan

Roberia juga berpesan agar menjaga martabat dan kebersamaan serta menghormati tradisi bangsa lain. Jaga nama baik Indonesia, khususnya Kota Pariaman. Perhatikan perilaku masing-masing dan hindari masalah sekecil apapun.

Beliau meminta agar JCH selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan petugas medis jika ada gangguan kesehatan. Jangan memaksakan diri dalam beribadah atau kegiatan yang menguras energi terlalu banyak.

Pada musim haji tahun ini, JCH Kota Pariaman yang tertua adalah Bapak Rasyid Tanjung dari Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara, berusia 85 tahun, sedangkan yang termuda adalah Alfaridzi Mulyana dari Desa Kampung Baru, Kecamatan Pariaman Tengah, yang berusia 19 tahun.

Rombongan JCH kloter 13 ini akan diberangkatkan pada hari Minggu, 26 Mei 2024, menuju Asrama Haji Padang menggunakan bus yang disediakan oleh Pemerintah Kota Pariaman. Mereka akan terbang ke Mekah pada 27 Mei 2024 sesuai jadwal yang ditetapkan oleh panitia.

Baca Juga :  Pesona Budaya Tabuik Piaman 2024: Prosesi “Maambiak Tanah” Memulai Perayaan

Afri

spot_img
spot_img

Latest

spot_img