Padang Siaga, Angkat Konsep ‘Blue Line Tsunami Save Zone’ dalam Hadapi HKBN 2024

More articles

spot_img

Padang, Investigasi.news – Kota Padang dipercaya menjadi tuan rumah peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) Tahun 2024. Dikenal sebagai kota pesisir, Padang memperkenalkan konsep revolusioner ‘Blue Line Tsunami Save Zone’.

Sekretaris Daerah Kota Padang, Andree Algamar, menjelaskan bahwa Padang menjadi pionir di Indonesia dalam menerapkan zona aman tsunami. Saat ini, zona tersebut menjadi panduan vital bagi warga kota dalam situasi darurat akibat gempa.

“Dalam peringatan HKBN tahun ini, Padang menekankan pada sosialisasi dan implementasi ‘Blue Line Tsunami Save Zone’,” ungkap Andree Algamar dalam Rapat Persiapan HKBN Tahun 2024 di Balaikota Padang, Selasa (2/4/2024).

Saat ini, hampir setiap sudut Kota Padang di sepanjang arah Timur telah dilengkapi dengan ‘Blue Line Tsunami Save Zone’. Garis tersebut menjadi penanda utama bagi evakuasi masyarakat saat terjadi gempa yang berpotensi menimbulkan tsunami.

Selain itu, rapat tersebut juga menyoroti kesiapan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemko Padang dalam menghadapi bencana gempa dan tsunami. Setiap OPD diminta untuk menyusun dan mempersiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) bencana.

“Kami meminta setiap OPD untuk segera menyusun SOP bencana, sehingga ketika bencana melanda, seluruh warga dapat menyelamatkan diri ke lokasi yang telah ditentukan sesuai dengan SOP yang telah ada,” ujar Asisten I Setdako, Edi Hasymi.

Peringatan HKBN Tahun 2024 ini akan menjadi sorotan di Kota Padang. Jika tidak ada halangan, acara tersebut akan digelar pada 26 April 2024 mendatang. Kegiatan ini akan difokuskan di Gedung Youth Center dan Pantai Padang.

“Kami sedang mempersiapkan diri untuk memastikan keberhasilan acara ini,” tambah Kalaksa BPBD Kota Padang, Hendri Zulviton.

Mc/Scm

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img