Pengurus IKPS Inhu Dikukuhkan, Bupati Pessel Tekankan Pentingnya Sinergi Ranah Dan Rantau

Pesisir Selatan – Mengusung tema “Mangumpuakan nan taserak, basamo makonyo bisa”, ikatan Keluarga Pesisir Selatan (IKPS) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Provinsi Riau menggelar pelantikan pengurus IKPS Kabupaten Indragiri Hulu di gedung pertemuan Kota Rengat, Provinsi Riau (15/11).

Acara yang sangat meriah itu dihadiri oleh Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar beserta istri Ny.Yunesti Rusma Yul Anwar dan sejumlah kepala perangkat daerah.

Bupati Rusma Yul Anwar disambut hangat oleh Bupati Indragiri Hulu, Hj. Rezita Meylani Yopi. Pada kesempatan itu hadir Ketua IKPS Provinsi Riau, H.Jon Satri beserta jajaran, anggota DPRD, Lembaga Adat Melayu (LAM) Inhu dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar menekankan bahwa pentingnya sinergitas ranah dan rantau dalam mewujudkan pembangunan daerah. Lebih dari itu, bupati berpesan kepada warga IKPS, harus mampu menjaga harmonisasi adat dan budaya yang tumbuh dan berkembang dalam tatanan kehidupan bermasyarakat.

“Falsafah adat “dimaa bumi dipijak, disitu langik dijunjung” adalah prinsip hidup yang harus dipegang teguh oleh warga IKPS Inhu untuk menjaga semua itu. Secara administrasi warga IKPS Inhu itu adalah penduduk Inhu, yang sejajar dengan penduduk Inhu lainnya namun secara historis kampung halaman di Pesisir Selatan,” katanya.

Hal itu, secara langsung juga disampaikan oleh Bupati Pessel kepada Bupati Inhu agar warga IKPS sekiranya dapat difungsikan “duduak samo randah, tagak samo tinggi” dengan warga Inhu lainnya.

Sementara itu Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani Yopi mengucapkan selamat datang kepada Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar di Rengat tanah melayu bumi bertuah.

Rezita Meylani Yopi menyampaikan, dengan dilantiknya kepengurusan IKPS Inhu ini, sejatinya akan memberikan konstribusi positif serta hubungan kerja sama yang baik, selaras dan berkemajuan bagi Inhu dan Pessel. Terakhir ia juga menyampaikan, suatu waktu akan berkunjung ke Pesisir Selatan sembari menikmati keindahan laut dan pantai negeri sejuta pesona ini. Mc/Sc