Harga Bahan Masih Tinggi, Pelaku Usaha Kuliner di Sawahlunto Mengeluh

More articles

spot_img

Sawahlunto, Investigasi.news – Beberapa pengusaha dan pembuat kue di Kota Sawahlunto mengeluhkan harga bahan baku produksi terutama telur, tepung dan gula yang masih tinggi memasuki pekan kedua Ramadhan ini.

“Bagaimana kita tidak mengeluh kalau harga minyak goreng, telur, tepung dan gula masih tinggi” kata Petrya (39) pengusaha kue dan gorengan kepada investigasi.news Senin (18/3/2024).

Lebih juah dia menyatakan tak hanya bahan yang pokok untuk buat kue yang masih tinggi, untuk bahan lainnya seperti kelapa juga sudah Rp6.000 per butir yang minggu lalu Rp5.000 per butir.

Dia harus menyiasati agar tidak mengalami kerugian besar, dirinya tetap memproduksi kue bolunya hanya menurut pesanan. “Kalau tidak pintar-pintar menyiasatinya, bisa-bisa usaha saya ini terpaksa harus tutup alias bangkrut,” sebutnya

Dari data yang diterima dari Dinas Pertanian Kota Sawahlunto, harga telur saat ini Rp2.000 per butir, harga tepung terigu Rp10 ribu per kilogram, kacang tanah Rp30 ribu per kilogram dan harga minyak goring curah Rp18 ribu per kilogram.

Lain halnya, usaha kerupuk singkong Yasmi (51) yang baru memulai usahanya minggu depan dikarenakan harga bahannya masih mahal. “ meski harga cabe dari Rp120 ribu menjadi Rp90 ribu per kilogram, namun kita mulai membuat keripik lado (cabe.red) minggu depan saja, sampai harga stabil” katanya.

(tumpak)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img