Pengungsi Sungai Manau Sudah Kembali ke Rumah, Pemerintah Minta Warga Waspada

More articles

spot_img

Padang Aro, Investigasi.News Seluruh pengungsi akibat banjir bandang dan longsor di Mudiak Sungai Manau, Nagari Pakan Rabaa Utara Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh sudah Kembali ke rumahnya masing-masing.

Kalaksa BPBD Novi Hendrix mengatakan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan pun meminta masyarakat untuk selalu waspada dengan kemungkinan terburuk yang bisa terjadi.

“Informasi dari camat, warga sudah mulai kembali ke rumah masing-masing sejak Minggu (19/5/2024),” kata Novi dalam keterangannya, Senin (21/5/2024).

Dia menjelaskan, menurut hasil pemetaan yang telah dilakukan bersama dengan pengelola TNKS, masih terdapat potensi longsor yang mengarah pada rumah warga. Sehingga meski sudah kembali menghuni rumahnya, masyarakat harus ekstra waspada kali ini.

“Sabtu (18/5/2024) kemarin sudah bertemu dengan TNKS, melalukan pemetaan risiko bencana untuk melihat kantung longsoran. Ada beberapa potensi di situ, cuma yang berpotensi cuma satu ke pemukiman sesuai ilmu kebencanaannya,” jelasnya.

Setidaknya jika longsor tersebut terjadi, terdapat 13 rumah warga yang akan terdampak kondisi tersebut.

Guna meminimalisir potensi ini, BPBD bersama dengan pemerintah nagari dan warga Mudiak Sungai Manau akan gotong royong bersama membersihkan lokasi longsor tersebut.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten juga telah mengerahkan alat berat untuk membantu pembersihan lokasi ini. (DENO)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img