Tim Safari Ramadan Solok Selatan: Membawa Harapan dan Pembangunan ke Setiap Sudut Kabupaten

More articles

spot_img

Solok Selatan, investigasi.News – Sabtu  23 maret 2024 hari ke tiga Tim Safari Ramadhan 1445 Hijria / 2024 Masehi Kabupaten Solok Selatan sebagai Tim lV melalui tantangan derasnya arus Sungai Batang Hari saat mengunjungi Mesjid Nurul Huda Jorong Pulau Karam Lubuk Ulang Aling Tengah Kecamatan Sangir Batang Hari Kabupaten Solok Selatan. 

Tim lV yang Koordinatornya Dr. H. Novirman, SKM. MM staf Ahli Bidang kemasyarakatan dan SDM kantor Bupati Solok Selatan. Juga hadir Kapolsek  sbh Iptu Wahyu.

Hari ke 5 kunjungan Safari Ramadhan di Jorong Pulau Karam Lubuk Ulang Aling Tengah untuk kecamatan Sangir Batang Hari, juga di hadiri anggota DPRD Syafril. SH. 

Sementara nama nama wartawan yang masuk dalam tim safari ramadan “tidak satupun yang hadir. 

Seperti biasa sebelum dibaca Sambutan Bupati Solok Selatan, selaku korodinator Dr, H, Novirman SKM. MM. memperkenalkan anggota tim safari ramadan hari ke 5, ke hadapan jemaah Mesjid yang hadir.

Kegiatan Safari Ramadhan merupakan sarana untuk meningkatkan tali silaturahmi dan perekat hubungan antara pemerintah daerah dengan masyarakat. Yang kemudian substansialnya sebagai wadah menyampaikan informasi pembangunan, sekaligus menyerap aspirasi yang berkembang di tengah tengah masyarakat, di dengar langsung sehingga menjadi referensi untuk pembangunan daerah Kedepannya. 

Pada kesempatan itu, Dr. H. Novirman, SKM, MM menginformasikan realisasi program unggulan, kebijakan dan pembangunan yang telah dan akan dilakukan diantaranya ; 

I penyediaan seragam sekolah gratis di berbagai tingkat TK/PAUD,SD,SLTP,SLTA dan Madrasah iya dengan total, 17.281 stel seragam. program ini akan tetap di lanjutkan pada tahun ini , karena sudah di sediakan anggaran sebesar 4,2 Milyar.

b) Pemerintah juga memberikan beasiswa kepada 820 siswa SD dan SMP dengan total anggaran mencapai Rp. 512 juta serta bantuan perguruan tinggi. Bagi siswa berprestasi. 2023 sebanyak 198 orang mahasiswa yang berasal dari Solok Selatan. 

c) Pendiri rumah Tahfidz saat ini berjumlah 379,dengan rincian 274 Tahfidz binaan dan 105 Tahfidz mandiri. 

d) untuk anak anak yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, pemdakab telah bekerjasama dengan Universitas di Sumatera Barat. 

e) sektor kesehatan tahun 2023,capaian kepesertaan BPJS menembus angka 95,93% dari jumlah penduduk 182.315 jiwa. 

f) Pemberian bantuan sapi melalui program SUKA SAPI pada tahun 2023 sebanyak 516 ekor sapi kepada 31 kelompok. 

Dalam kesempatan safari ramadan pemdakab meminta dukungan, bantuan keterlibatan aktif dari seluruh unsur masyarakat, dunia usaha dan pihak eksternal. Karena keterbatasan APBD. Pemdakab juga melakukan filterisasi program dan kegiatan yang benar benar prioritas yang akan di laksanakan

g) Untuk terus mendorong perkembangan,  di Tahun 2024 ini Pemerintah Daerah melanjutkan beberapa pembangunan infrastruktur pada Kecamatan Sungai Pagu diantaranya:

Pembangunan Videotron di Pusat pertembuhan, termasuk di RTH Muara Labuh dengan anggaran 3,5 Milyar

Peningkatan sarana dan prasarana dan infrastruktur layanan pendidikan sebesar 2,2 Milyar.

Peningkatan sarana dan prasarana RSUD  Solok Selatan sebesar Rp 4,3 Milyar

h) Untuk menghubungkan pusat pertumbuhan, beberapa waktu lalu kita mengunjungi Balai Pelaksanaan Jalan Nasional, dan kita meminta agar Balai Jalan dapat membantu kita melakukan pelebaran jalan nasional dari Muara Labuh menuju Padang Aro, dari tahun 2023 yang lalu sudah kita mulai dan akan kita lanjutkan di tahun 2024 ini. Demi  percepatan realisasi itu kami mohon dukungan dari seluruh lapisan masyarakat.

i) Dengan program ini masyarakat akan dikunjungi langsung oleh petugas baik dari Puskesmas Maupun dari Rumah Sakit untuk diperiksa gangguan kesehatannya. 

Pada tahun 2023 kualitas layanan kita juga meningkat ditandai dengan peningkatan akreditasi RSUD Muara Labuh menjadi predikat Paripurna dan diikuti oleh 7 (tujuh) Puskesmas di seluruh Kecamatan terdiri dari 5 (Lima) Puskesmas dengan predikat paripurna, serta 2 (dua) puskesmas dengan predikat Utama

sebanyak 96 orang usia angkatan kerja yang dilatih serta pemberian 2000 (dua ribu) jaminan keselamatan kerja kepada pekerja rentan

j) Pemberian bantuan sapi melalui Program SUKA SAPI pada tahun 2023 kita telah menyalurkan sebanyak 516 ekor Sapi kepada 31 kelompok.

Untuk peningkatan ekonomi kerakyatan, kita telah membina sebanyak 294 UMKM, dan memberikan bantuan berupa peralatan terhadap  504 UMKM, naik dari tahun sebelumnya yang baru dibantu 49 UMKM

k) Dalam hal menunjang percepatan layanan terutama dalam hal penyediaan infrastruktur dan penanganan kebencanaan pemerintah daerah telah memenuhi 4 (empat) dari 7 (enam) unit Ekskavator yang telah dijanjikan.

Melalui program satu kecamatan satu ekskavator ini, kita telah menangani Jalan antar Nagari dan antar Kecamatan sepanjang 56 Kilo Meter se Kabupaten Solok Selatan.

l) Pemerintah Kabupaten Solok Selatan telah melakukan rehabilitasi terhadap 18 (Delapan Belas) Rumah Gadang dengan Anggaran sebesar Rp. 2 Milyar

kita terus giat mempromosikan Hot Water Boom Sapan Maluluang, Kawasan Saribu Rumah Gadang, serta Goa Batu Kapal sebagai destinasi wisata prioritas Kabupaten Solok Selatan. 

Pengembangan destinasi wisata tersebut diintegrasikan dengan beberapa Event & Festival seperti Festival Sarantau Sasurambi Balimau, Festival Durian, Car Free Day yang rutin diselenggarakan serta GASS (gowes adventure Solok Selatan) yang kedua kali dilaksanakan pada Desember Tahun 2023 yang lalu.

Menjadi salah satu event Gowes terbesar saat ini di Provinsi Sumatera Barat karena diikuti lebih dari 3000 pesepada dan 200 klub sepeda. 

Kegiatan even-even ini diharapkan berdampak langsung terhadap pengembangan perekonomian masyarakat terutama kepada sektor UMKM di Solok Selatan.

m) Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, merupakan gerbang utama memasuki Kabupaten Solok Selatan dari ibu kota provinsi dan sebahagian besar daerah di Provinsi Sumatera Barat. 

Sebagai gerbang utama diharapkan Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh mampu memberikan wajah atau kesan positif bagi para pendatang yang memasuki Kabupaten Solok Selatan. 

Selain itu Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh merupakan salah satu daerah penghasil utama dari beberapa komoditi unggulan daerah di sektor perkebunan dan peternakan Kabupaten Solok Selatan

n) Untuk menunjang hal tersebut, pemerintah terus mendorong peningkatan infrastruktur peningkatan kualitas jalan Nasional yang merupakan jalan utama di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh serta jalan penghubung utama ke Ibu Kota Solok Selatan. 

Selain itu pada tahun 2024 ini Pemerintah Daerah telah meng anggarkan beberapa pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh yaitu :

o) Pembangunan dan peningkatan 15 ruas jalan lingkar pemukiman dan jembatan sebesar Rp. 1,9 Milyar.

Peningkatan infrastruktur mitigasi bencana melalui normalisasi dan perkuatan tebing sungai di 9 Titik  di Kecamatan KPGD sebesar Rp. 1 Milyar.

Rehabilitasi Irigasi Batu Tunggau dan Tali Bandar ulu Suliti sebesar Rp. 200 juta, 

Pembangunan Drainase Sungai Aro sebesar Rp. 150 juta

Rehabilitasi Rehab Balai Balai Adat dan Rumah Gadang Cinto Kayo KPGD sebesar Rp. 497 juta.

Penambahan Lampu Jalan Rp. 120 Juta

Peningkatan sarana dan prasarana pendidikan sebesar Rp. 884 Juta antara lain:

p) Pengadaan peralatan kantor SMP 4, SMP 10, SMP 15 sebesar Rp. 215 Juta

Pengadaan peralatan kantor SD se Kecamatan KPGD sebesar 528 juta

Pengadaan peralatan Teknologi, Informasi dan Komunikasi SD 09 sungai Pangkua sebesar 100 juta.

Selain itu pada tahun 2024 dalam upaya penurunan dan pengurangan dampak resiko bencana pemerintah daerah akan melakukan penghijauan di beberapa daerah aliran sungai.

Berupa penanaman pohon pelindung dan buah-buahan dibeberapa lokasi di Kecamatan KPGD,  Melalui program Nagari Tageh; Sukasapi Sukadurian yang sudah dua tahun kita lakukan, saya perintahkan Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan agar melakukan penghijauan dengan penanaman pohon durian

Dalam kesempatan kunjungan Tim Safari Ramadhan, Pemda Kab. Solok Selatan langsung menyerah kan bantuan dana sebesar Rp 30 juta untuk pembangunan Mesjid yang di kunjungi. Disamping itu juga menyerahkan bantuan lain berupa Alqur’an dan mukenah. (Deno) 

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img