Tim Safari Ramadhan Solok Selatan Kunjungi Mesjid Al-Mujahiddin di Pauh Duo

More articles

spot_img

Pada hari Selasa, 19 Maret 2024, Tim Safari Ramadhan Kabupaten Solok Selatan, yang merupakan Tim IV, mengunjungi Mesjid Al-Mujahiddin di Nagari Persiapan Pekonina Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo, Kabupaten Solok Selatan. Kegiatan ini dipimpin oleh Kapolres Solok Selatan, diwakili oleh Bripka Wahyu Hidayatullah.

Dr. H. Novirman, SKM. MM, Koordinator Tim Safari Ramadhan dan Staf Ahli Bidang Kemasrakatan dan SDM kantor Bupati Solok Selatan, menyampaikan Sambutan Bupati pada acara Safari Ramadhan di Kecamatan Pauh Duo.

Sayangnya, dari tiga anggota DPRD yang menjadi bagian Tim Safari Ramadhan, tidak ada yang hadir dalam kunjungan ini.

Sebelum Sambutan Bupati Solok Selatan dibacakan, Dr. H. Novirman, SKM. MM, sebagai koordinator, memperkenalkan anggota tim safari ramadan kepada jemaah Mesjid yang hadir. Dalam Tim IV Safari Ramadhan, terdapat 5 wartawan yang dilibatkan, namun hanya satu yang hadir.

Kegiatan Safari Ramadhan dianggap sebagai sarana untuk mempererat tali silaturrahmi antara pemerintah daerah dan masyarakat, serta sebagai wadah untuk menyampaikan informasi pembangunan dan menyerap aspirasi masyarakat secara langsung, yang nantinya akan menjadi acuan untuk pembangunan daerah di masa depan.

Pada kesempatan tersebut, Dr. H. Novirman, SKM. MM, menyampaikan informasi mengenai realisasi program unggulan, kebijakan, dan pembangunan yang telah dan akan dilakukan, antara lain:
a) Penyediaan seragam sekolah gratis untuk berbagai tingkat pendidikan dengan total 17.281 set seragam, yang akan tetap dilanjutkan pada tahun ini dengan anggaran sebesar 4,2 Milyar.
b) Pemberian beasiswa kepada 820 siswa SD dan SMP dengan total anggaran Rp. 512 juta, serta bantuan untuk perguruan tinggi bagi siswa berprestasi. Pada tahun 2023, sebanyak 198 mahasiswa dari Solok Selatan menerima bantuan tersebut.
c) Pendirian rumah Tahfidz dengan jumlah 379, terdiri dari 274 Tahfidz binaan dan 105 Tahfidz mandiri.
d) Kerjasama dengan Universitas di Sumatera Barat untuk memfasilitasi pendidikan tinggi bagi anak-anak yang melanjutkan studi.
e) Capaian kepesertaan BPJS dalam sektor kesehatan mencapai 95,93% dari jumlah penduduk 182.315 jiwa pada tahun 2023.
f) Pemberian bantuan sapi melalui program SUKA SAPI pada tahun 2023 sebanyak 516 ekor sapi kepada 31 kelompok.

Pada kesempatan safari ramadan, Pemerintah Daerah Solok Selatan meminta dukungan dan keterlibatan aktif dari seluruh elemen masyarakat, dunia usaha, dan pihak eksternal mengingat keterbatasan APBD. Pemdakab juga melakukan filterisasi program dan kegiatan yang menjadi prioritas untuk dilaksanakan.

Dalam kunjungan Tim Safari Ramadhan, Pemerintah Daerah Solok Selatan langsung menyumbangkan dana sebesar Rp 30 juta untuk pembangunan Mesjid yang dikunjungi, serta menyediakan bantuan Alqur’an. (Deno)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img