Diduga Tak Sesua Spek, Renovasi SDN Karangharum 03 Disorot

More articles

spot_img

Kabupaten Bekasi, 19 Mei 2024 – Renovasi Sekolah Dasar Negeri (SDN) Karangharum 03 yang terletak di Desa Karangharum, Kecamatan Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menuai kritik tajam dari berbagai pihak. Kualitas pekerjaan yang dinilai buruk dan tidak sesuai dengan standar renovasi yang baik dan aman menjadi sorotan utama. Ketua DPD LSM Prabhu Indonesia Jaya Kabupaten Bekasi, N. Rudiansah, menyampaikan keluhan terkait hal ini.

Salah satu masalah utama yang ditemukan adalah kusen jendela yang telah kropos hanya dipoles dengan cat baru tanpa diganti dengan kusen yang baru. Kusen kayu yang rusak juga hanya ditambal menggunakan kompon, sehingga terlihat jelas bahwa perbaikan tersebut tidak memadai.

Selain itu, ketidakhadiran papan proyek yang seharusnya menyediakan informasi publik mengenai detail proyek semakin memperburuk keadaan. Saat dikonfirmasi, para pekerja mengaku tidak mengetahui alasan tidak dipasangnya papan proyek tersebut dan hanya menjalankan perintah atasan.

N. Rudiansah mendesak dinas terkait untuk memberikan sanksi tegas kepada kontraktor yang tidak memasang papan proyek Tidak sesuai dengan peraturan.
Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek,
“Ketidaktransparanan ini mencurigakan dan tidak bisa dibiarkan,” ujarnya.

Masalah lain yang ditemukan di lokasi proyek adalah kurangnya penggunaan peralatan keselamatan kerja oleh para pekerja. Rompi, helm, dan sepatu pelindung yang seharusnya digunakan ditemukan berserakan dan tidak dipakai, sehingga menimbulkan kekhawatiran akan keselamatan kerja.

Rudiansah juga menyoroti kemungkinan adanya kolusi antara konsultan dan pengawas proyek yang mungkin sengaja menutup mata terhadap pekerjaan yang tidak sesuai standar ini. “Kami mendesak pihak berwenang untuk menindak tegas kontraktor yang bertanggung jawab atas renovasi di SDN Karangharum 03 dan memastikan kualitas pekerjaan sesuai dengan standar yang ditetapkan,” tambahnya.

Dengan adanya perhatian dan tindakan dari pihak terkait, diharapkan kualitas renovasi SDN Karangharum 03 dapat ditingkatkan demi keselamatan dan kenyamanan para siswa dan guru.
(Roni)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img