Desa Ngabab Raih Predikat Terbaik I Gotong Royong se-Jawa Timur 2024

More articles

spot_img

Malang, investigasi.news – Pemerintah Kabupaten Malang berhasil mengukir prestasi gemilang dengan meraih penghargaan bergengsi dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Desa Ngabab di Kecamatan Pujon dinobatkan sebagai Desa Pelaksana Gotong Royong Terbaik I di Provinsi Jawa Timur untuk tahun 2024.

Penghargaan ini diberikan oleh Pj. Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur, Ir. Budi Sarwoto, M.M, pada Puncak Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 Provinsi Jawa Timur di Alun-Alun Kota Blitar, Selasa (11/6) siang.

Dalam acara yang meriah ini, Bupati Malang bersama rombongan yang terdiri dari Ketua TP PKK Kabupaten Malang, Hj. Anis Zaidah; Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Eko Margianto; serta Kepala Desa Ngabab, Amin Afandi, turut hadir untuk menerima penghargaan tersebut.

Baca Juga :  Polres Malang Pantau Situasi Lalulintas Liburan Nataru Lewat CCTV

“Kami berterima kasih kepada masyarakat Desa Ngabab, Kecamatan Pujon, yang telah meraih penghargaan ini. Semangat gotong royong mereka dalam membangun desa patut diacungi jempol. Desa Ngabab telah memenuhi berbagai indikator penilaian yang ketat dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, menunjukkan kondisi nyata di lapangan. Kami berharap desa lain dapat terinspirasi dan turut bergerak menjadi yang terbaik,” ujar Bupati Malang dalam sambutannya dari podium utama.

Desa Ngabab berhasil meraih predikat terbaik se-Jawa Timur berkat keberhasilannya dalam memenuhi indikator-indikator seperti kemasyarakatan, ekonomi, sosial budaya dan keagamaan, serta kesehatan dan lingkungan.

Beberapa potensi unggulan Desa Ngabab antara lain pengelolaan sampah terpadu, pos pelayanan terpadu ILP dan jiwa, wisata edukasi berbasis pertanian dan peternakan, kelompok kesenian, donor darah rutin dua kali sebulan, pembangunan masjid berbasis swadaya masyarakat, serta kampung batik dengan motif khas “Sebo” yang mengangkat tema sayur dan ternak.

Baca Juga :  Langkah Proaktif Pemerintah Kota Malang: Program Mudik Gratis 2024 untuk Menekan Inflasi dan Meringankan Beban Warga

Dalam kompetisi ini, Desa Ngabab berhasil menyisihkan desa-desa lainnya yang juga berprestasi. Predikat Terbaik II diraih Desa Pajeng, Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro; Terbaik III: Desa Krandegan, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun; Terbaik IV: Desa Gedeg, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto; dan Terbaik V: Desa Petahunan, Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang.

Sementara itu, untuk kategori kelurahan, Terbaik I diraih Kelurahan Rembang, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar; Terbaik II: Kelurahan Kapasari, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya; dan Terbaik III: Kelurahan Manisrejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun.

Guh

spot_img
spot_img

Latest

spot_img