Rekom Diskanla Sumut, Penyaluran BBM Subsidi Nelayan Bermasalah

More articles

spot_img

Medan Labuhan, investigasi.news – Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi merupakan aset terbesar para jaringan mafia di Medan Sumatera Utara. Mulai dari kejahatan terang-terangan hingga menyaru jadi penolong kaum nelayan dilakukan untuk meraih keuntungan besar melalui BBM subsidi. Senin (04/12/2023) pukul 09.00 Wib.

Seperti pengambilan BBM subsidi nelayan di SPBU 14.204.1120 Kampung Salam Belawan. Meskipun pengambilan BBM subsidi sesuai prosedur, namun penyalurannya ke nelayan bermasalah.

Sekitar 20 nelayan direkomendasikan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Utara untuk mendapatkan BBM subsidi. SPBU 14.204.1120 Kampung Salam Belawan ditunjuk melayani BBM subsidi nelayan tersebut melalui persetujuan Rayon I Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut.

20 nelayan menerima barkot masing-masing 40 liter per hari per nelayan. Pengambilan BBM subsidi di SPBU yang ditunjuk itu selama 2 hari atau 6 hari sekali. Jumlah BBM subsidi rata-rata 4.800 liter per 1 minggu dengan harga pembelian Rp. 6.800 per liter.

Baca Juga :  Atasi Tumpukan Sampah Di KIM, PT. ATM Gunakan Tungku Pembakaran

Pengambilan BBM subsidi itu menggunakan puluhan drigen yang kemudian diangkut mobil pickup ke gudang penumpukan di perbatasan Pekan Labuhan dan Nelayan Indah Medan Labuhan. BBM subsidi tersebut diecer ke nelayan seharga Rp. 7.500 per liter. Terdapat selisih harga subsidi berkisar Rp. 700 per liter atau Rp. 3.60.000 per minggu.

“Nelayan pukat layang paling banyak gunakan BBM berkisar 20 liter per hari, itupun sudah capek mutar mutar di daerah penangkapan ikan, 40 liter itu kebanyakan,” jelas nelayan jaring Pekan Labuhan.

Pengambilan sekaligus penyaluran BBM subsidi nelayan di SPBU 14.204.1120 Kampung Salam dipercayakan kepada Pimpinan Pusat Aliansi Nelayan Samudera Indonesia (PP ANSI). Nelayan yang ikut serta (1 atau 2 orang-red) ke SPBU itu sebagai serimonial, sedangkan oknum Polres Pelabuhan Belawan disebut sebut nelayan sebagai pengawal pengangkutan BBM subsidi nelayan dari SPBU ke gudang penumpukan.

Baca Juga :  Pajak Pagi Pekan Labuhan Semrawut, PD Pasar Kota Medan Diminta ke Lapangan

Sekretaris PP ANSI, M. Amsal ketika dikonfirmasi investigasi.news dan Aliansi Wartawan Medan Utara melalui telephon genggamnya benarkan adanya selisih harga dalam penyaluran BBM subsidi ke nelayan.

“Harga pengambilan BBM subsidi nelayan di SPBU Kampung Salam Rp. 6.800 per liter, disalurkan ke nelayan seharga Rp. 7.500 per liter, selisih harga itu untuk transportasi pengangkutan. Soal dijual ke mafia BBM saya tidak tahu, tugas menyalurkan itu bukan saya,” jelas Amsal.

Sementara ketua PP ANSI, Suhairi S pada investigasi .news dan Aliansi Wartawan Medan Utara sebut penyaluran BBM subsidi nelayan sudah prosedur.

“Penyaluran BBM subsidi nelayan tradisional sudah sesuai prosedur yang ditetapkan,” kata Suhairi yang akrap disapa Heri.

Baca Juga :  Pengelolaan TPS Di KIM “Buruk”, Anggaran Rp. 20 juta Per Bulan Disoal

“Sejauh ini ANSI konsisten menjunjung tinggi hukum yang disepakati antara Pertamina maupun SPBU yang ditunjuk, serta Dinas Perikanan dan Kelautan selaku pemberi rekomendasi,” jelas Suhairi. (Man).

spot_img
spot_img

Latest

spot_img