Sabam Manalu Terbukti Sejahterakan Ribuan Buruh TKBM Belawan

Medan, investigasi.news – Lahir dari keluarga buruh, Sabam Parulian Parsaoran Manalu SE,M.A.P di usianya yang tergolong muda sukses mensejahterakan ribuan buruh di Pelabuhan Belawan. Sejak berusia 25 tahun, pria kelahiran 11 Desember 1977 telah mengabdikan diri sebagai pengurus Primkop Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Upaya Karya Pelabuhan Belawan.

Setidaknya 3.700 unit rumah layak huni secara gratis telah dibagikan kepada Buruh Bongkar Muat Pelabuhan Belawan. Seluruh biaya ditanggung oleh Primkop TKBM Upaya Karya Pelabuhan Belawan. Kepemilikan rumah layak huni menjadi salah satu impian para kaum buruh yang hanya bisa berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Dengan program penyediaan rumah layak huni, dibawah kepemimpinan Sabam Parulian Parsaoran Manalu, SE.,MAP sebagai Ketua, Primkop TKBM Upaya Karya Pelabuhan Belawan menjadi yang pertama dan satu-satunya melakukan program meningkatkan taraf hidup buruh di seluruh pelabuhan yang ada di Indonesia.

Sosok tokoh buruh muda Sumatera Utara ini, berprinsip membangun kehidupan tidak berhenti hanya memperjuangkan diri sendiri. “Bisa membantu dan berbuat untuk orang lain terlebih mereka yang ada disekitar, sudah menjadi bagian panggilan hidup saya. Bahkan hancur demi kawan, kita siap,” kata Sabam kepada media belum lama ini.

Dorongan berbuat untuk sesama bagi Sabam Parulian Parsaoran Manalu kini ibarat tidak terbendung lagi. Namun untuk melakukan perbuatan yang lebih besar dibutuhkan kekuatan yang lebih besar pula.

Alasan itu juga mendorong Sekretaris Jenderal DPP FSPTI-KSPSI ini untuk maju sebagai Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI pada Pemilu Serentak tahun 2024. “Masuk dalam sistem pemerintahan menjadi perjuangan kita selanjutnya, bagaimana nantinya menjamin keberlanjutan program peningkatan kesejahteraan buruh dalam lingkup pelabuhan dan sektor lainnya,” ujarnya.

Saat maju sebagai Calon DPD RI dari dapil Sumatera Utara, langkah Sabam pun direstui warga Sumatera Utara yang dibuktikan dengan lolosnya syarat dukungan minimal menjadi bakal calon anggota DPD RI hingga penetapan Daftar Calon Tetap dengan memperoleh nomor urut 19.

Sebagaimana diketahui, selain sebagai penggerak buruh, suami dari Saemma br Sitompul ini juga aktif di berbagai kegiatan sosial sebagai pengurus gereja, Pengurus kumpulan marga bahkan pengurus lingkungan kemasyarakatan. Tidak ada yang luput dari perhatiannya, serta tidak pernah membedakan status maupun latar belakang seseorang untuk ditolong.

Datang dari kalangan buruh menjadi modal kuat baginya untuk peduli kepada kaum marjinal. “Saya sudah rasakan mulai dari nol, bahkan minus. Dan kini bisa berbuat sedikit lebih dari yang lain untuk menolong sesama, merupakan berkat yang luar biasa,” ujar ayah tiga putra ini.

Terpisah, salah seorang buruh penerima manfaat pembangunan mengatakan bahwa program pembangunan rumah gratis bagi buruh Belawan sangat bermanfaat. “Kita sangat bersyukur, sejak orangtua kita sudah menjadi buruh di Belawan, tidak mampu membeli rumah. Syukur ada program ini, kami sudah punya rumah layak huni yang diberikan gratis,” ujar Faisal Amri.

Samiono, buruh lainnya mengatakan hal sama. “Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak Sabam Manalu atas rasa pedulinya telah memperhatikan kesejahteraan kami para buruh yang bekerja di pelabuhan Belawan ini,” ujarnya sembari menyebutkan bahwa dari seluruh buruh pelabuhan yang ada di Indonesia. Kini perumahan buruh telah berdiri di Sei Mati, Griya Martubung, dan Hamparan Perak.

Untuk itulah, para buruh pun berharap ide dan perhatian Sabam Manalu untuk para buruh hendaknya tidak terhenti. “Kami percaya, dengan terpilihnya nanti Ketua Sabam Manalu sebagai anggota DPD RI akan memberikan perhatian lebih besar untuk kaum buruh,” harap Samiono.

Dia pun mengajak seluruh warga Sumatera Utara dari semua kalangan untuk mendukung dan memilih Calon Anggota DPD RI Nomor Urut 19 Sabam Parulian Parsaoran Manalu, SE.,MAP. “Kita juga sama-sama mengawal suara dari TPS hingga pengumuman perolehan suara,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Sabam Parulian Parsaoran Manalu, SE.,MAP adalah Ketua Primkop TKBM Upaya Karya Pelabuhan Belawan, Ketua Dewan Pengawas Inkop TKBM Pelabuhan se Indonesia, Ketua Umum Manalu se Indonesia (PTMBB), Ketua Pengprov Pertina Sumut, Wasekjen Pengurus Pusat Pertina, Pengurus Yayasan Universitas HKBP Nommensen Medan, Ketua Umum PUKGMS, Anggota Majelis Pekerja Sinode HKBP dan Sekretaris Jenderal DPP FSPTI-KSPSI. (Man).

IKLAN HPN

Related Articles

Iklan hpn
Iklan HPN
Iklan hpn
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan

Latest Articles