Pemkab Taliabu Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045, Lima Titik Pembangunan Jadi Prioritas

More articles

spot_img

Taliabu, Investigasi.newsPemkab Pulau Taliabu menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (Musrenbang RPJPD) Tahun 2025-2045, yang berlangsung di Balai Desa Kilong, Kamis (14/03 ).

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten I Setda, Syukur Boeroe, Bupati Aliong Mus menyampaikan, bahwa RPJPD adalah dokumen perencanaan pembangunan jangka panjang untuk periode 20 tahun, yang memuat visi, misi, arah kebijakan, dan sasaran pokok jangka panjang sebagai pedoman bagi Pemerintah Daerah, masyarakat, dan dunia usaha dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Pulau Taliabu selama dua dekade ke depan.

Penyusunan RPJPD Kabupaten Pulau Taliabu Tahun 2025-2045 perlu memperhatikan penyelarasan antara program pusat dan daerah, sejalan dengan visi pembangunan nasional Menuju Indonesia Emas 2045, Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan.

Pemkab Taliabu Saat Musrenbang ( Photo : Diskominfo )

Orang nomor satu di Taliabu itu memaparkan Visi pembangunan akan menitikberatkan pada lima prioritas pembangunan untuk periode 2025-2045 diantranya :

1. Pembangunan Sumberdaya Manusia melalui peningkatan cakupan akses dan kualitas layanan pendidikan, kesehatan, penanganan kemiskinan ekstrem, dan penurunan stunting.
2. Pembangunan Infrastruktur Dasar untuk transportasi dan permukiman.
3. Peningkatan Daya Saing Produk Unggulan Daerah dan Ketahanan Pangan melalui penguatan sektor pertanian, perikanan, pariwisata, dan UMKM.
4. Pelestarian Lingkungan Hidup dan Ketahanan Bencana.
5. Peningkatan kualitas Pelayanan Publik yang lebih inovatif dan berkelanjutan.

Bupati Aliong Mus berharap pada sasaran pokok RPJPN dan RPJPD di tahun 2025-2045, dapat memfokuskan kan pada program pengentasan kemiskinan, pengurangan pengangguran, peningkatan produktivitas, daya saing sumber daya manusia (SDM)

” Tentu semua Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu agar dapat terwujudnya peningkatan kualitas hidup masyarakat Pulau Taliabu yang lebih baik,” kata aliong mus, yang disampaikan oleh Asisten I Setda.

Turut hadir dalam giat tersebut yakni unsur Fokompinda Pulau Taliabu, Pimpinan OPD Taliabu, Camat, Kades, dan masyarakat.

( Redaksi )

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img