DPRD Agam Kupas Pengetahuan Terkait Pelaksanaan PP 35 dan Perpres 53 Tahun 2023

More articles

spot_img

Padang, Investigasi.news – DPRD Kabupaten Agam telah mengambil langkah progresif dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas anggotanya melalui keikutsertaan dalam bimbingan teknis (Bimtek) yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Pembina Perguruan Nasional (STIA LPPN) Padang.

Acara yang berlangsung di Axana Hotel Padang pada tanggal 26-29 Februari 2024 tersebut tidak hanya menjadi wadah untuk meningkatkan pemahaman tentang mekanisme pelaksanaan Peraturan Pemerintah (PP) 35 Tahun 2023 tentang Ketentuan Umum Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, serta Pelaksanaan Peraturan Presiden (Perpres) 53 Tahun 2023, tetapi juga sebagai momentum untuk memperkuat komitmen DPRD Agam dalam memberikan pelayanan publik yang berkualitas kepada masyarakat.

Ketua DPRD Agam saat menyampaikan sambutan pada pelaksanaan bimtek terkait penerapan PP 35 dan Perpres 53 tahun 2023. (Foto: Hms)

Dikesempatan tersebut, Ketua STIA LPPN Padang, Ir. Yenni Jufri, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan yang diberikan DPRD Agam kepada lembaganya sebagai penyelenggara bimtek. Ia juga menggarisbawahi pentingnya sinergi antara lembaga pendidikan dan lembaga legislatif dalam meningkatkan kualitas pembangunan daerah.

Sementara itu dikesempatan yang sama, Ketua DPRD Agam, Dr. Novi Irwan, S.Pd, MM, menekankan pentingnya partisipasi aktif seluruh anggota DPRD dalam mengikuti bimtek ini dengan serius dan penuh dedikasi. Ia mengingatkan bahwa pengorbanan waktu dan tenaga selama beberapa hari tersebut akan memberikan dampak positif yang signifikan dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja DPRD Agam dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Anggota DPRD Agam saat melaksanakan Bimtek. (Foto: Hms)

“Diharapkan, melalui bimbingan teknis ini, DPRD Kabupaten Agam dapat semakin memperkuat peranannya dalam menyuarakan aspirasi masyarakat, memperjuangkan kepentingan daerah, serta menjadi agen perubahan yang berkontribusi positif bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Agam”, ungkap Novi Irwan.

Selain itu, kehadiran Anggota DPRD, Sekretaris DPRD, Kabag Keuangan, dan staf terkait dalam acara pembukaan menunjukkan komitmen penuh dari seluruh jajaran DPRD Agam dalam meningkatkan kompetensi dan pelayanan kepada masyarakat. Ini adalah langkah konkret yang menandai keseriusan DPRD Agam dalam menghadapi dinamika pembangunan dan tuntutan perubahan zaman.

Rangkaian pelaksanaan Bimtek DPRD Agam. (Foto: Hms)

Tidak hanya itu, kehadiran Ketua STIA LPPN Padang sebagai pembuka acara memberikan sentuhan penting dalam memperkuat hubungan antara lembaga pendidikan tinggi dengan lembaga legislatif daerah. Sinergi yang terjalin antara STIA LPPN Padang dan DPRD Agam melalui kegiatan seperti ini tidak hanya menghasilkan peningkatan kapasitas, tetapi juga memperluas wawasan dan jaringan kerja bagi anggota DPRD.

Selain pembekalan materi teknis, Bimtek ini juga menjadi forum yang berharga untuk bertukar pengalaman antar anggota DPRD Agam dan mendiskusikan tantangan serta solusi dalam melaksanakan tugas legislasi dan pengawasan di tingkat daerah. Hal ini mencerminkan semangat kolaboratif dalam mencapai tujuan bersama untuk mewujudkan pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

“Bimtek yang diikuti oleh DPRD Kabupaten Agam bukan hanya sekadar kegiatan rutin, tetapi juga momentum strategis dalam memperkuat peran DPRD sebagai representasi rakyat dan penentu kebijakan daerah yang berkualitas. Melalui peningkatan kompetensi dan sinergi antar lembaga, diharapkan akan lahir inovasi-inovasi dan langkah-langkah strategis yang mampu menjawab dinamika dan tantangan pembangunan di Kabupaten Agam”, tambah ketua DPRD.

Adapun keberhasilan Bimtek ini tidak hanya terukur dari seberapa banyak materi yang dipelajari, tetapi juga dari bagaimana pemahaman dan keterampilan yang diperoleh dapat diterapkan dalam praktek di lapangan. Oleh karena itu, penting bagi DPRD Kabupaten Agam untuk melakukan tindak lanjut yang sistematis setelah Bimtek selesai, seperti menyusun rencana tindak lanjut, mengadakan sesi pemantapan, atau bahkan melakukan evaluasi berkala terhadap implementasi hasil-hasil yang telah dipelajari.

DPRD agam
Rangkaian pelaksanaan Bimtek DPRD Agam. (Foto: Hms)

Selain itu, partisipasi dan keterlibatan aktif anggota DPRD dalam kegiatan-kegiatan seperti diskusi, seminar, atau pelatihan lanjutan juga menjadi kunci keberhasilan dalam mengoptimalkan manfaat dari Bimtek ini. Dengan memperkuat komitmen untuk terus belajar dan berkembang, DPRD Agam dapat lebih siap menghadapi perubahan-perubahan dan tuntutan yang terus berkembang dalam tata kelola pemerintahan daerah.

Dengan demikian, Bimtek ini bukanlah akhir dari sebuah proses, tetapi justru menjadi awal dari sebuah perjalanan panjang dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas DPRD Kabupaten Agam sebagai lembaga legislatif yang mampu memberikan pelayanan publik yang unggul dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Untuk diketahui, Bimtek tersebut dibuka langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Agam Dr. Novi Irwan, S.Pd, MM yang dihadiri oleh Ketua STIA LPPN Padang Ir. Yenni Jufri, M.Si, Anggota DPRD, Sekretaris DPRD Villa Erdi, S.Sos, M.Si.dan Kabag Keuangan Dewi Afriani, SE serta staf terkait.

Sc

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img