Program Studi S1 Kebidanan Universitas Hang Tuah Pekanbaru Gelar Praktik di Puskesmas Rumbai

More articles

Pekanbaru, Investigasi.news – Sebanyak 59 mahasiswi S1 Kebidanan Universitas Hang Tuah Pekanbaru melaksanakan pembelajaran Praktik Kebidanan Komunitas di Wilayah Kerja Puskesmas Rumbai tepatnya di Kelurahan Limbungan Kecamatan Rumbai Timur RW 10.

Pembukaan Kegiatan Praktik ini telah dilakukan pada tanggal 15 Juli 2024 yang dihadiri oleh Tim Dosen Mata Kuliah Kebidanan Komunitas yaitu Bdn.Ika Putri Damayanti, SST, M.Kes; Octa Dwienda R, SKM, M.Kes; Eeen Husanah, SKM, M.Kes; Dr. Hastuti Marlina, SKM, M.Kes dan Rina Yulvina, SKM, M.Kes, turut hadir pula Ibu Lurah Limbungan Welfina Sari Harahap, S.Sos, Kepala Puskesmas Rumbai Hj. Bdn. Dince Safrina, SST, MKM serta jajaran, Ketua RW 10 yaitu Mawardi Sinurat, Ibu ketua PKK Sri Harian, dan ketua RT 1,2,3 dan 4.

Sambutan oleh salah satu Tim Dosen Dr. Hastuti Marlina, SKM, M.Kes.

Pada Kamis 25 Juli 2024 Pukul 16.00 bertempat di Mushalla Al Hijaz mahasiswi kebidanan melakukan kegiatan Implementasi berupa Edukasi Kesehatan kepada masyarakat Kelurahan Limbungan tentang Anemia pada ibu hamil, Keluarga Berencana (KB) pada Pasangan Usia Subur (PUS), dan Pemeriksaan Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) untuk Deteksi Dini Kanker Serviks. Kegiatan implementasi ini dihadiri oleh perwakilan Tim Dosen yaitu Dr. Hastuti Marlina, SKM, M.Kes; Kepala Puskesmas, Ketua PKK, dan Ketua Majlis Taklim dan 35 orang anggota majlis taklim.

Baca Juga :  Penting bagi Linguis dan Pemerhati Bahasa, Simposium Nasional MLI Digelar Bulan Ini

Perwakilan TIM Dosen Praktik Kebidanan Komunitas dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian implementasi praktik mahasiswi kebidanan setelah melakukan pendataan dan pemetaan masalah kesehatan di RT 3 dan RT 4 yang hasilnya sudah diuraikan pada kegiatan Musyawarah Mufakat Desa (MMD) pada Sabtu 20 Juli 2024 lalu. Kegiatan implementasi ini juga melatih mahasiswi kebidanan untuk belajar saling berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dan menjalin komunikasi yang efektif hingga edukasi kesehatan ini dapat terlaksana sesuai schedule.

Sambutan Kepala Puskesmas Hj. Bdn. Dince Safrina, SST, MKM

Dalam sambutannya Kepala Puskesmas Hj. Bdn. Dince Safrina, SST, MKM juga menambahkan bahwa Kegiatan Praktik Kebidanan ini sangat banyak manfaatnya, selain menambah ilmu dan wawasan mahasiswi juga membantu pihak Puskesmas dalam melengkapi data kesehatan masyarakat khususnya di RT 3 dan 4 Kelurahan Limbungan dan kegiatan implementasi ini juga menambah pengetahuan masyarakat yang hadir mengenai anemia, jenis kontrasepsi dan pemeriksaan IVA Test sebagai upaya pencegahan dini kanker serviks. Praktik mahasiswi S1 Kebidanan Universitas Hang Tuah Pekanbaru ini juga ikut terlibat dalam persiapan dan pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Posyandu.

Baca Juga :  Siswa SMP Muhammadiyah Bayua Ikuti Pelatihan Jurnalistik Yang Digelar PWI Agam

Sambutan Ketua PKK ibu Sri Harian

Sementara itu, Perwakilan Ketua RW 10 sekaligus Ketua PKK ibu Sri Harian mengucapkan terimakasih untuk kegiatan yang ditaja oleh Mahasiswa dan Tim Dosen Prodi S1 Kebidanan Univeristas Hang Tuah Pekanbaru dengan memberikan begitu banyak kontribusi bagi masyarakat di RW 10 khususnya tentang kesehatan mengenai anemia, kanker serviks melalui IVA Test dan pilihan jenis kontrasepsi.

Kegiatan Implementasi Praktik Kebidanan Komunitas ini berjalan dengan lancar dan antusias para peserta terhadap materi edukasi kesehatan yang disampaikan sangat tinggi. Pada sesi tanya jawab mahasiswi memberikan doorprize untuk enam (6) orang perserta yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar terkait tiga (3) materi yang telah disampaikan. Diakhir kegiatan implementasi ini, yang dipandu oleh Ketua Majelis Taklim ibu Suryawati turut mengucapkan terimakasih karena kegiatan implementasi ini sangat bermanfaat menambah pengetahuan masyarakat dan ditutup dengan foto bersama peserta, mahasiswi dan dosen.

Baca Juga :  Kerjasama Digitalisasi, SEVIMA dan LLDIKTI Sumut Rumuskan Dua Tips Pecahkan Masalah Administrasi Kampus

Pemberian Doorprize
Foto Bersama Diakhir Kegiatan
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest