UNP FPK Gelar Dua Kegiatan Akademik untuk Tingkatkan Reputasi dan Karir Dosen

More articles

spot_img

Padang, investigasi.news – Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) Universitas Negeri Padang (UNP) mengawali tahun 2024 dengan dua kegiatan akademik yang penting dalam upaya mewujudkan reputasi akademik serta pengembangan karir dosen. Kedua kegiatan tersebut adalah Sosialisasi Kebijakan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2024 serta Workshop Penulisan Buku.

Dekan FPK Dr. Suryanef, M.Si dalam sambutannya mengapresiasi pencapaian FPK sebagai fakultas yang baru berumur dua tahun sudah mampu menunjukkan capaian yang cukup baik dalam mendukung Indikator Kinerja Utama UNP tahun 2023, termasuk dalam publikasi penelitian dan pengabdian masyarakat yang dimiliki oleh dosen.

“Pada tahun 2023, terdapat 1 proposal dosen yang mendapatkan pendanaan DRTPM dan 1 Proposal Riset Kolaborasi Indonesia sebagai Mitra, serta 17 proposal yang mendapatkan pendanaan PNBP,” terangnya.

Lebih lanjut, Dr. Suryanef, M.Si menyampaikan rasa optimisnya bahwa tahun 2024 FPK akan lebih meningkat lagi capaian jumlah proposal penelitian yang mendapatkan pendanaan.

Wakil Rektor III Prof. Yohandri, M.Si.,Ph.D yang membuka acara tersebut juga menyampaikan bahwa jumlah publikasi dosen UNP tahun 2023 mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Dosen perlu lebih meningkatkan kolaborasi penelitian dan publikasi dengan mitra internasional dari berbagai negara agar dapat meningkatkan reputasi UNP di dunia internasional,”

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UNP yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris LPPM Prof. Rahadian Zainul, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini cukup banyak skema insentif yang disediakan oleh UNP terkait dengan publikasi artikel, buku dan HKI dosen.

Adapun Materi sosialisasi terkait dengan Penelitian disampaikan oleh Prof. Dr. Afdal, M.Pd.,Kons dari Fakultas Ilmu Pendidikan UNP dan sekaligus sebagai reviewer nasional untuk proposal penelitian, serta materi terkait pengabdian masyarakat disampaikan oleh Dr. Arwizet K, ST, MT dari Fakultas Teknik UNP dan reviewer nasional untuk proposal pengabdian masyarakat dengan moderator Dr. Hansi Efendi, ST, M.Kom.

Sementara itu, workshop penulisan buku yang juga digelar FPK melibatkan Penerbit Prenadamedia Group Jakarta dengan menghadirkan editor senior A. Kasyful Anwar. Pada kesempatan itu, ia memaparkan berbagai aspek terkait dengan bagaimana melakukan transformasi hasil riset ke dalam bentuk buku referensi.

Red

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img