Festival Ayam Kukuak Balenggek di Sawahlunto Ikut Dorong Geliat Wisata

More articles

spot_img

Sawahlunto, investigasi.news – Selain sebagai ajang prestasi penghobi peternak ayam “Kukuak Balenggek”, digelarnya festival “Robowikti Farm Cup III” di Lapangan Segitiga Ombilin kota Sawahlunto, Minggu (19/5/2024), ikut dorong geliat wisata di kota itu.

Pasalnya, peserta festival ayam Kukuak Balenggek tingkat Sumatera Barat itu datang berasal dari Padang, Kabupaten Agam, Kota Bukittinggi, Kota Solok, Kabupaten Solok, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Dharmasraya serta bantuan rumah Kota Sawahlunto.

Ketua Pelaksana Robowikti Farm Cup III Sugeng Priyanto sudah sekitar 665 ekor ayam bakokok balenggek menjadi peserta hari ini dari sekitar 200 pemilik.

“ adapun jenis lomba yang digelar adalah Lomba ayam bakokok istimewa, ayam rendah batu, ayam boko dan ayam landik (tanding)” kata Sugeng.

Pada lomba yang dihadiri, Ketua DPRD Kota Sawahlunto Eka Wahyu itu, antusias peserta mengikuti rangkaian jenis lomba yang digelar komunitas Robowikti Farm ini.

” selain menjadikan ayam kukuak balenggek adalah hobby yang butuh ketekunan dan peternak maupun pemiliknya” kata salah seorang peserta dari Sijunjung.

Dia dan rekan komunitas lain sengaja datang ke Sawahlunto untuk mengikuti festival itu bersama keluarga yang sambil berwisata di kota ini. (tumpak)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img