HMPI dan BMPN BUMN, Penanaman Bibit Buah di TPA Kayu Gadang Kota Sawahlunto

Momen Hari Menanam Pohon secara serentak di enam titik Indonesia yakni Bakauheni-Lampung, DAS Ciliwung-Jakarta, Kebumen, Semarang , Magelang di Jawa Tengah dan Kota Sawahlunto-Sumatera Barat, (Foto: T.Ab)

Sawahlunto, Investigasi.news – Momen Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) didukung Bulan Menanam Pohon Nasional (BMPN), Kementerian BUMN menginisiasi penanaman pohon secara serentak di enam titik Indonesia yakni Bakauheni-Lampung, DAS Ciliwung-Jakarta, Kebumen, Semarang , Magelang di Jawa Tengah dan Kota Sawahlunto-Sumatera Barat, Kamis (1/12/2022). Di Kota Sawahlunto kegiatan itu digelar di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kayu Gadang kecamatan Barangin.

Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti sangat apresiasi kegiatan itu dan berharap kepada BUMN terus mendukung peningkatan perekonomian di kota ini.

“ Perlu terus digiatkan pemanfaatan lahan bekas tambang yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat kota ini” kata Zohirin.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Pertanahan dan Lingkungan Hidup (DPKP2LH), Adrius Putra menerangkan kegiatan Bulan Menanam Pohon Nasional berkolaborasi dengan BUMN di TPA Kayu Gadang ini menanam bibit pohon buah terdiri dari kelengkeng, jambu, jamaica, nangka dan durian.

“ Disamping diikuti PT Bukit Asam juga terlibat, Bank Mandiri, Telkomsel, PT PLN PLTU Ombilin Sijantang, BNI menanam bibit bantuan MIND ID PT Bukit Asam ini juga melibatkan generasi muda pramuka Satuan Karya Kalpataru“, kata Adrius

Usai penanaman Wawako Sawahlunto, Direktur Pengembangan Usaha PT Bukit Asam Rafli Yandra, GM PT Bukit Asam Ombilin Yulfaizon, GM PT Bukit Asam Kertapati Palembang Hengki Burmana dan jajaran BUMN di kota ini terlibat diskusi dan pengarahan Menteri BUMN Erick Thohir yang berada di Lampung secara virtual.

Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi kepada seluruh BUMN yang telah mendukung kegiatan Bulan Menanam Pohon Nasional, dimana sepanjang tahun 2022 telah melakukan penanaman pohon sebanyak 4.655.115 pohon atau melampaui target yang dicanangkan pada awal tahun yaitu 1.000.000 pohon.

Kegiatan Menanam Pohon Menanam AKHLAK yang diselenggarakan tanggal 1 Desember 2022 merupakan bentuk implementasi dari Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008 tentang penetapan tanggal 28 November sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Desember sebagai Bulan Menanam Pohon Nasional.

“Harapan saya, agar seluruh BUMN serta karyawan dapat berpartisipasi aktif pada Bulan Menanam Pohon Nasional yang jatuh pada bulan Desember dan yang terpenting menjaga program menanam pohon ini agar pelaksanaannya berkelanjutan,” ujarnya. (T.Ab)