Tim Kafilah MTQ Uji Wawasan di Cabang Fahmil Qur’an

Padang Aro, investigasi.News – Cabang lomba Fahmil Qur’an atau pengetahuan tentang Al-Qur’an, hadits dan dunia Islam pada MTQ ke-40 Tingkat Sumbar di Solok Selatan bersiap menuju final.

Ketua Majelis Dewan Hakim cabang Fahmil Qur’an, Suhefri mengatakan lomba ini sudah diikuti 26 tim dan tersisa 10 tim lagi yang akan berlaga dari total 36 tim di Aula Kantor Bupati Solok Selatan.

“Insyaallah, Sabtu kita memasuki babak final dalam cabang Fahmil Qur’an ini,” ujar dia Kamis (14/12/2023).

Dia menyebut Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ) ini merupakan jenis perlombaan pemahaman atau pendalaman Al-Qur’an dengan penekanan pada pengungkapan ilmu Al-Qur’an, serta pemahaman kandungan ayat yang disajikan dalam bentuk cerdas cermat.

Sejumlah materi yang ditanyakan dalam lomba Fahmil Quran ini terkait pemahaman ayat, hafalan ayat, sejarah, fiqh, tajwid, hadits, ulumul quran, ulumul hadits, Ilmu kalam, lagu (ghina’) Alquran, Fathurrahman, Mawaris (Faraidh) dan lainnya.

“Nah, sore ini 6 regu sudah menyelesaikan pertandingan, 3 regu Putra dan 3 regu putri. Sisanya besok 10 regu lagi,” jelasnya.

“Kita bersyukur cepat dilakukan persiapan dan tidak ada persoalan dalam pelaksanaan lomba. Baik sound sistem, jaringan internet, dan kondisi peserta aman dan sehat,” jelanya.

Suhefri mengatakan dalam lomba Fahmil Qur’an setiap tim dipertandingkan.

“Nanti ada 6 regu yang masuk final yakni Putra dan Putri. 3 tertinggi akan masuk final. Bukan dari setiap sesi, tapi tertinggi dari seluruh regu,” ujarnya.

Dia mengatakan semuanya berjalan lancar. Official sudah mengerti aturan, jauh-jauh hari Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Sumatera Barat sudah mengeluarkan tata tertib, dan wajib di patuhi oleh official dan peserta. (DenO)

IKLAN HPN

Related Articles

Iklan hpn
Iklan HPN
Iklan hpn
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan

Latest Articles