PMI Kabupaten Cilacap Salurkan Bantuan Bencana di Kecamatan Jeruklegi, Kedungreja dan Dayeuhluhur

Cilacap, Investigasi.news – PMI Kabupaten Cilacap merespon cepat dengan menyerahkan bantuan untuk korban bencana angin puting beliung yang melanda wilayah kecamatan Jeruklegi, Kedungreja dan Dayeuhluhur.

Hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi akibat cuaca ekstrim beberapa hari terakhir yang menyebabkan banyak rumah mengalami rusak ringan, sedang hingga berat, beberapa di antaranya asbes rumahnya rusak, hingga terdapat rumah yang tertimpa pohon dan baliho atau papan reklame.

Dari hasil asessment/kaji cepat PMI Kecamatan Jeruklegi, Kedungreja dan Dayeuhluhur, PMI Kabupaten Cilacap melakukan distribusi 136 paket bantuan sembako bagi para survivor/warga terdampak ditiga wilayah kecamatan tersebut. Dengan rincian Desa Tritih Wetan Kecamatan Jeruklegi sebanyak 100 paket, Desa Rejamulya sebanyak 1 paket, Desa Ciklapa Kecamatan Kedungreja sebanyak 9 paket dan Dusun Mulyasari Desa Panulisan Barat Kecamatan Dayeuhluhur sebanyak 26 paket.

Adapun barang bantuan paket sembako yang diberikan oleh PMI Kabupaten Cilacap, berisi Beras 3 kg, 2 Liter Minyak Goreng, 2 Kg Gula Pasir, 1 Bungkus Kopi Kapal Api, 1 Dus Teh Celup, 12 Bungkus Mie Instan, 1 Bungkus Roti Roma Kelapa dan 1 Botol Kecap Indofood.

Bantuan tersebut diberikan langsung oleh Ketua PMI Kabupaten Cilacap Drs. Farid Ma’ruf, S.T.,M.M. didampingi para Wakil Ketua PMI Kabupaten Cilacap antara lain Drs. Wasi Ariyadi, M.M. selaku Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Pengembangan Sumber Daya (PSD), Koesdjarjo selaku Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Bencana dan Relawan, Kepala Markas PMI Drs. Kadar Solih, M.Si. Rabu (31/01/2024).

Untuk penyerahan bantuan di Kecamatan Jeruklegi diselenggarakan di Balai Desa Tritih Wetan Kecamatan, yang dihadiri Forkopimcam Jeruklegi, Ketua PMI Kecamatan Jeruklegi beserta jajarannya dan Kepala Desa Tritih Wetan beserta perangkatnya.

Untuk penyerahan bantuan di Kecamatan Kedungreja diselenggarakan di Balai Desa Ciklapa Kecamatan Kedungreja yang dihadiri jajaran Forkopimcam Kedungreja, Ketua PMI K necamatan Kedungreja dan jajarannya, Kepala Desa Rejamulya dan Ciklapa beserta perangkatnya.

Penyerahan bantuan di Kecamatan Dayeuhluhur dilaksananakan di Dusun Mulyasari Desa Panulisan Barat Kecamatan Dayeuhluhur yang dihadiri Forkopimcam Dayeuhluhur, Ketua PMI Kecamatan Dayeuhluhur dan jajarannya, Kepala Desa Panulisan Barat beserta perangkatnya dan Kadus Mulyasari serta Tarwin Setiawan dan R. Endro Teguh Kusumo Staf Markas PMI Kabupaten Cilacap.

Barang bantuan diterimakan secara simbolis kepada para perwakilan warga terdampak. Selebihnya akan di distribusikan kepada masyarakat yang terdampak bencana oleh PMI Kecamatan bekerjasama dengan pihak desa setempat.

Pada kesempatan sebelumnya PMI Kabupaten Cilacap juga telah memberikan bantuan paket sembako kepada para warga terdampak angin puting beliung di beberapa wilayah antara lain Dusun Cimanuk Desa Tritih Wetan Kecamatan Jeruklegi pada Jum’at, 19 Januari 2024 sebanyak 15 paket, Desa Karangpakis Kecamatan Nusawungu pada Selasa, 23 Januari 2024 sebanyak 16 paket dan Desa Jetis Kecamatan Nusawungu pada Jum’at, 26 Januari 2024 sebanyak 22 paket.

Ketua PMI Kabupaten Cilacap Farid Ma’rufmenjelaskan, hingga hari ini jumlah bantuan paket sembako yang telah diberikan kepada para korban terdampak bencana puting beliung sebanyak 189 paket atau senilai kurang lebih Rp. 37.800.000,- dengan harga tiap paket sembakonya kurang lebih @Rp. 200.000,-.

“Semoga bantuan tersebut dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana di 3 wilayah kecamatan tersebut sehingga aktifitas masyarakat menjadi normal dan kembali pulih seperti sedia kala”pungkas Farid. (wd/kominfo).

*(Jumardin)*

IKLAN HPN

Related Articles

Iklan hpn
Iklan HPN
Iklan hpn
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan

Latest Articles