Sambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H/2024 M Masyarakat Desa Balung Gelar Tradisi

More articles

spot_img

Kampar, Investigasi.newsSambut bulan Suci Ramadhan 1445 H/2024 M, warga Desa Balung, Kab. Kampar, Prov. Riau, menggelar prosesi adat, seperti balimau, dan pencak silat tradisional, selain prosesi adat, ada juga berbagai macam jenis lomba dan hiburan, acara tersebut digelar ditepi sungai desa balung, minggu ( 10/3/2024).

Kepala Desa ( Kades ) Balung, Muhammad ujud yang turut hadir dalam acara tersebut, menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia kegiatan, tokoh agama, pemuda, dan seluruh masyarakatnya, ia juga berpesan untuk mempertahankan dan meningkatkan acara Balimau kasai di tahun yang akan datang.

Dalam kesempatan itu, Kades juga menghimbau kepada masyarakat yang hadir untuk saling maaf bermaafan demi kesempurnaan puasa Ramadhan,
saling menjaga keamanan , ketertiban dan kenyamanan ibadah puasa seperti makan dan minum ditempat umum.

Lebih lanjut, Kades juga meminta kepada pemilik warung agar tidak membuka warungnya di siang hari, ia juga berpesan kepada masyarakat untuk tidak bermain judi dalam bentuk apapun.

Tradisi Potang Balimau digelar dari tahun ke tahun, tradisi tersebut merupakan prosesi adat yang dilakukan dari tahun ketahun. Balimau mengandung makna yakni mempersiapkan diri untuk memasuki bulan suci Ramadhan.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Ketua BPD Siirman, Ketua Pemuda Herman, dan para tokoh dalam desa tersebut.

( Tomi

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img