Ketua Lembaga Adat Kampar (LAK), Hadiri Acara Puncak Alek Arak-Iring Desa Balung

More articles

spot_img

Kampar, Investigasi.newsPenutupan Alek Arak-Iring, yang diselenggarakan oleh Masyarakat Desa Balung, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar menjadi sorotan utama dengan kehadiran sejumlah tokoh penting, acara tersebut digelar pada selasa( 16/4/24) yang bertempat di Gedung SD.O16.

Ketua (KTNA) Kabupaten Kampar, Drs. H. Yusri M.Si, turut menghadiri Acara Halal Bi Halal Masyarakat Adat Desa Balung.

Selain itu, hadir juga Ketua LAK Drs. H. Yusri M.Si, Kepala Desa Balung Muhammad Ujud, Ketua BPD Siirman, Ninik Mamak suku, serta beragam pejabat dan tokoh masyarakat Desa Balung.

Wawan, selaku Ketua Panitia, menyampaikan bahwa rangkaian acara penutupan dimulai dengan prosesi arak iring sepanjang jalan Desa Balung, dimulai dari Dusun 4 dan berakhir di Gedung SD. 016 Dusun dua. Tamu undangan disambut dengan pertunjukan pencak silat, sebuah tradisi yang turun-temurun di masyarakat Desa Balung.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari protokol, dalam hal ini dari Dafisron, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan gema wahyu ilahi oleh qori terbaik yang dikenal sebagai Al-hadis. Kepala Desa Balung menyampaikan ucapan selamat datang kepada para undangan, ninik mamak, tokoh adat, dan agama masyarakat, serta mengajak seluruh masyarakat untuk mempertahankan adat istiadat agar tetap berkembang di masa mendatang.

Sebagai wakil masyarakat adat, Ninik Mamak Dt Mangkuto Safrizal menyampaikan harapannya agar masyarakat dapat bersatu dalam mendukung Ketua LAK Drs. H. Yusri M.Si, baik dalam upaya mempertahankan adat maupun dalam pilkada yang akan datang.

Datuak Bandaro Mudo, yang juga menjabat sebagai Ketua LAK Drs. H. Yusri M.Si, mengingatkan pentingnya menjaga adat sebagai pondasi masyarakat, serta berharap dukungan masyarakat dalam pilkada 2024. Salah satu misi yang diusungnya adalah kemajuan Desa Balung, terutama dalam infrastruktur seperti perbaikan jalan Balung Tanjung Balik.

Acara ditutup dengan berbagai sambutan dari instansi terkait, diakhiri dengan doa oleh Muhammad Bakar, dan dilanjutkan dengan makan bersama sebagai penutup kegiatan.

Pantauan media investigasi news di lapangan menunjukkan bahwa acara berjalan lancar dan aman seperti yang diharapkan. Setelah acara inti selesai, dilanjutkan dengan acara hiburan berupa tarik tambang dan panjat pinang hingga akhir acara.

( Tomy )

 

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img