Pimpin Peringatan Hari Lahir Pancasila, Sekda Kerinci, Zainal Efendi: Jagalah Kerukunan Sebagai Wujud Nilai Pancasila

More articles

spot_img

KERINCI, Investigasi.News – Mewakili Pj. Bupati Kerinci, Sekda Kerinci Zainal Efendi memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 Pemerintah Kabupaten Kerinci, di Halaman Kantor Bupati Kerinci – Bukit Tengah, Senin (03/06/2024).

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 mengusung tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045. Dimana puncak peringatan tingkat nasional telah berlangsung pada Sabtu (01/06/2024) di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan Kota Dumai, yang dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Sekda Kerinci Zainal Efendi menyebutkan bahwa peringatan hari lahir Pancasila adalah momentum ketika Bung Karno pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

“Karena itulah kita memperingatinya hingga saat ini. Dan Tema tahun 2024 ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat,”. Sebut Sekda Zainal Efendi.

Dalam pidato tersebut, Kepala BPIP mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini, Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, dengan semangat pancasila yang kuat, seluruh tantangan yang akan dihadapi Bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik.

“Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan Ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya,” sebutnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala BPIP mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 juni.

“Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan hari lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” ungkapnya.

Hadir mengikuti upacara tersebut, Mewakili Dandim 0417 Kerinci, Danramil 03 Air Hangat Kapten Inf. Firman, Mewakili Kejaksaan Negeri Sungai Penuh, Dawar, Para Staf Ahli, Asisten, Jajaran Kepala OPD, Camat dan ASN Lingkup Pemerintah Kabupaten Kerinci selaku peserta upacara.

Sementara sebagai petugas upacara diambil secara gabungan yang terdiri dari, pemimpin upacara, Danramil 01 Gunung Kerinci Lettu Inf. Alfianto, perwira upacara, Kaban Kesbangpol Redi Asri, pembaca undang-undang dasar 1945, Sekwan DPRD Jondri Ali, pembaca doa, perwakilan dari Kemenag Kerinci dan sebagai penggerek bendera, diambil dari Anggota Pasukan Pengibar Bendera Tahun 2023.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan tentang pemberian penghargaan desa mandiri tahun 2023 dan penghargaan penetapan APBDES tercepat tahun 2024, bagi kepala Desa dalam wilayah kabupaten kerinci, (Merliyah)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img