Dinkes Taliabu-RSUD Sanana Teken MoU Kerjasama Pasien Rujukan

Malut, Investigasi.news – Demi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan (yankes) untuk masyarakat di Kab. Pulau Taliabu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Daerah (Pemda) Taliabu dan Rumah Sakit Umum Daerah/RSUD Sanana menandatangani (teken) Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama untuk pasien rujukan.

Nota kesepahaman dalam klausul MoU ditandatangani tadi 9 Januari 2024, sekitar pukul 16.00 WIT, dilantai 2 gedung RSUD, Jln. Pekuburan Islam Falahu, kota Sanana.

Agreement ini sangat serius sehingga nampak komitmen kedua belah pihak, ketika pihak Dinkes langsung hadir kepala dinas (kadis) Kuraisia Marasaoly, begitu juga pihak RSUD yang tampil langsung Direktur Ulia H. Ngofangare.

Ditemui usai penandatanganan MoU, Kadis Kesehatan Pemda Taliabu mengatakan.

”Alhamdulillah, untuk awal tahun 2024 ini kami sudah merilis kerjasama dengan RSUD Sanana untuk rujuk pasien kami, tujuannya adalah untuk memberikan jangkauan layanan kesehatan yang bisa dirasakan oleh masyarakat (pasien)”, ujar Ibu Kadis yang mengaku bahwa pihaknya juga melakukan kerjasama dengan RSUD Luwuk, Kab. Banggai.

Lebih rinci Kadis Kuraisia mengilustrasikan bahwa masyarakat didaerah selatan Taliabu ketika musim ombak akan kesulitan ke Bobong (kota Kab. Pulau Taliabu), dan lebih dekat ke Sanana, sehingga secara geografis lebih menguntungkan membawa pasien ke Sanana.

“Sehingga masyarakat kami tetap mendapatkan layanan kesehatan yang baik meskipun bukan didaerah kami”, imbuh Kadis.

Dikatakan bahwa ketika pasien dirujuk maka itu menjadi beban daerah (Pemda Taliabu), baik itu pasien BPJS maupun tidak sepanjang memenuhi persyaratan, kata Kadis Kuraisia.

“Sebenarnya sebelumnya kerjasama sudah berjalan, namun kemudian asas legalitas (MoU) kami pikir penting, dan untuk meningkatkan kerja sama kami dengan Ibu Direktur”, tutup Kadis sambil tersenyum.

Sementara itu masih ditempat yang sama Direktur RSUD Sanana menyampaikan apresiasi terhadap Dinkes Taliabu yang sudah mempercayakan rumah sakit Sula untuk memberikan layanan kesehatan bagi pasien di Taliabu.

“Harapan kami RSUD Sanana bisa memberikan layanan kesehatan yang maksimal, apa lagi tahun ini atau sebentar lagi kami akan memiliki alat kesehatan (alkes) mesin radiologi baru”, pungkas Ibu Direktur.

Sementara itu beberapa staf dari pihak Dinas Kesehatan dan RSUD Sanana terlihat menghadiri acara penandatanganan sore tadi.

( RL )

IKLAN HPN

Related Articles

Iklan hpn
Iklan HPN
Iklan hpn
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan

Latest Articles