Dinas Pertanian Paparkan Kebutuhan saat Kunjungan Kementan

Pulang Pisau, Investigasi.news – Menjadi sebuah kebanggaan bagi kabupaten Pulang Pisau menjadi salah satu kabupaten yang di kunjungi oleh (Kementan) Kementrian Pertanian RI (Republik Indonesia) yang diwakili oleh dirjen Ketahanan Pangan Dr. Ir. Suwandi, M.Si.

Dalam Paparannya Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau Bapak Godfridson 11/12/2023,mengatakan bahwa” Optimasi Lahan Rawa eks ekstensifikasi mendukung fe ta 2021 yang mana pada Proses pembukaan lahan yaitu dengan cara tidak dibakar”.

Masyarakat melakukan Pembukaan Lahan dengan cara Biomassa vegetasi yang dihasilkan dari proses land clearing yaitu dengan cara ditumpuk dan disusun sebagai galengan atau biasa disebut dengan “simpukan”,jadi akar dan tanah gambut diangkat dan di buat balur ditengah dikumpulkan secara merata supaya lapisan tanah yang subur bisa digunakan”,jelasnya.

secara rata – rata menutupi 17% dari luasan lahan yang berpotensi sebagai sarang hama dan tikus dan mengurangi efesiensi penggunaan alsintan pengolah tanah seperti TR2 dan TR4.

Kegiatan ekstensifikasi lahan tahun 2021,tidak serta merta menghasilkan dengan produktivitas seperti lahan eksisting yang telah diolah bertahun-tahun perlu upaya berkelanjutan untuk mencapai kondisi lahan yang optimal petani dan pemerintah daerah kabupaten Pulang Pisau berkomitmen melakukan upaya-upaya untuk memaksimalkan potensi lahan,ungkapnya.

Pada saat pemaparan beliau juga menyampaikan bahwa Poktan Karya jadi yang terletak di desa pantik ini memiliki luasan lahan 62ha yang bisa menghasilkan padi 1,5ton per ha,dan juga padi yang ditanam varietas Pb 42 siam cantik dan berasnya karau dan enak.

Dan tidak lupa juga kadis Pertanian Pulang Pisau juga menyinggung tentang kebutuhan pipa ukuran 8in,karena kalau mau melihat program serasi pulang pisau hanya menyisakan pipa tersebut dan sangat bermanfaat buat masyarakat untuk mengisi air sawah,.

Dilain sisi beliau juga membahas dengan kementrian terkait dengan peningkatan jalan usaha tani yang saat ini musim penghujan jadi sangat urgent,sehingga mengeluarkan hasil alam lebih mudah dan meningkat. Zulmi

IKLAN HPN

Related Articles

Iklan hpn
Iklan HPN
Iklan hpn
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan

Latest Articles