MRPTNI: Melangkah Bersama Menuju Pemilu 2024 dengan 145 Rektor Perguruan Tinggi

More articles

spot_img

Padang, investigasi.news – Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), Prof. Ganefri, Ph.D, menekankan pentingnya menjaga stabilitas sosial menjelang Pemilu 2024 dalam konferensi pers di Ruang Sidang Senat Universitas Negeri Padang (UNP) pada Rabu (7/2/2024) malam.

Dalam pernyataannya, Prof. Ganefri menyampaikan hasil pemikiran dari 145 Rektor Perguruan Tinggi (PTN) di Indonesia, termasuk 76 PTN, 44 Politeknik Negeri, dan 25 Universitas Islam Negara (UIN).

Turut serta dalam pertemuan tersebut adalah Rektor Universitas Andalas, Direktur Politeknik Negeri Padang, Direktur Politeknik Negeri Payakumbuh, Rektor ISI Padang Panjang, dan Rektor UIN Imam Bonjol Padang.

Berikut adalah poin-poin yang diangkat dalam pertemuan MRPTNI:

“Penyataan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia MRPTNI, No. 142/MRPTNI/II/2024, mengenai Pentingnya Menjaga dan Memelihara Kondusifitas Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Baca Juga :  UNP Gelar Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2024, Membangun Karakter dan Kebhinekaan Pemuda

Menyongsong pelaksanaan Pemilihan Umum Presiden R.I dan Pemilihan Legislatif Tahun 2024, kami dari Kampus dan Civitas Akademik Perguruan Tinggi turut serta menjaga agar Pemilu berlangsung dengan aman, damai, dan jujur. Oleh karena itu, Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia mengimbau:

1) Perguruan tinggi memiliki tanggung jawab moral untuk netral dan menjaga semangat demokrasi sesuai dengan nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

2) Kampus perlu menjadi lembaga kontrol sosial dan memberikan ruang bagi kebebasan berpendapat dengan etika yang tinggi.

3) Integritas akademik harus dijunjung tinggi dengan menggunakan data yang objektif dan menghindari opini yang tidak berdasar.

4) Perbedaan pendapat harus berada dalam koridor hukum yang berlaku dan didasarkan pada semangat persaudaraan.

Baca Juga :  Komitmen UNP Menyentuh Hati, Menebarkan Kebaikan di Bulan Ramadan

5) Partisipasi aktif dari seluruh elemen bangsa sangat diharapkan untuk mendukung kelancaran proses Pemilu R.I. 2024.

6) Kampus harus tetap menjaga moralitas dan menghindari keterlibatan dalam kegiatan politik praktis.

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa melindungi Indonesia dalam melaksanakan Pemilu Tahun 2024 dengan damai dan kerukunan. Amin YRA.

Za

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img