Pileg DPRD Sula: Kisah Si Tukang Ojek Menjadi Caleg

Malut, Investigasi.news – Dalam lautan bisa diukur, tapi nasib (takdir) orang siapa yang tau.

Kalimat diatas rupanya cocok untuk disematkan kepada calon legislatif (caleg) muda yang satu ini. Dia adalah Afandi Umagap atau akrab disapa Messi, merupakan satu diantara ratusan caleg di Kab. Kepulauan Sula yang akan bertarung pada pileg 14 Februari 2024 nanti.

Messi ikut bertarung di dapil I Kec. Kota Sanana untuk DPRD Kab. Kepulauan Sula, maju bersama Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) besutan Anas Urbaningrum dengan nomor urut 7 (Tujuh).

Pria asal desa Fatiba-Kec. Sulabesi Tengah (Ayah) dan desa Pastabulu-Kec. Mangoli Utara (Ibu) kesehariannya berprofesi sebagai tukang ojek.
Kepada investigasi tanpa malu hati Messi menceritakan jika sambil baojek (ngojek) di kota Sanana dirinya mensosialisasikan diri sebagai caleg pada pileg 2024.

Messi yang punya pengalaman hidup lengkap dengan segala asam dan garam, mengaku tidak pernah minder dengan profesinya dan juga keputusannya menjadi caleg dan bertarung pada pileg.

”Kita semua punya kesempatan yang sama, memilih dan dipilih, Undang-undang mengisyaratkan itu, kemudian untuk profesi saya sebagai tukang ojek, yang terpenting saya tidak mencuri dan meminta-minta (pengemis), dan pengojek itu pekerjaan yang halal”, kata Messi kepada investigasi (28/1).

Pernah menempuh pendidikan di Fatiba, kemudian di Pastabulu, sampai akhirnya menuntaskan sekolah menengah pertama di Mts Falabisahaya, Messi mengaku untuk Sekolah Menengah Atas dia mengikuti ujian persamaan paket C.

“Sempat masuk SMA Falabisahaya tapi tidak sampai selesai karena faktor ekonomi, kemudian saya ikut paket C dan ujian persamaan”, cerita Messi.

Dirinya terpacu untuk ikut caleg dan bertarung di pileg 2024 karena ingin memperoleh pengalaman, serta juga sebagai proses klimaks dari dirinya yang berorganisasi dan berpartai.

“Saya pikir aktualisasi diri dalam berpartai adalah dengan maju pada kontestasi demokrasi, baik itu pileg atau juga pilkada, itu klimaksnya agar bisa menjadi wakil rakyat sehingga bisa lebih nyata mengabdikan dirinya kepada masyarakat”, kata Messi.

Terakhir Messi memohon do’a dan restu kepada pembaca investigasi, semoga perjuangan demokrasinya ini mendapat berkah dari Allah SWT.

( RL )

IKLAN HPN

Related Articles

Iklan hpn
Iklan HPN
Iklan hpn
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan

Latest Articles