Gelar Kunjungan, Bupati Pulang Pisau Amati Sukses Desa Trangsan dalam Industri Kreatif Rotan

More articles

spot_img

Pulang Pisau – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau menggelar kaji banding dan kunjungan belajar ke Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (14/05/2024). Fokus kunjungan ini adalah untuk mendalami pengelolaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta industri kreatif, terutama industri kerajinan rotan.

Dipimpin langsung oleh Pj. Bupati Pulang Pisau, Hj. Nunu Andriani, rombongan yang terdiri dari Sekretaris Daerah Tony Harisinta, Ketua TP PKK Pulang Pisau Sari Parwati Tony Harisinta, serta para asisten sekretariat daerah, kepala SOPD, camat, dan kepala desa se-Kabupaten Pulang Pisau, mengunjungi Desa Trangsan di Kecamatan Gatak.

Desa Trangsan dikenal sebagai pusat kerajinan rotan dengan sekitar 500 pengusaha pengrajin aktif. Kunjungan ini memberikan kesempatan bagi Pemkab Pulang Pisau untuk belajar langsung dari keberhasilan Desa Trangsan dalam menggerakkan industri kreatif berbasis masyarakat.

Baca Juga :  Pj. Bupati Hj. Nunu Andriani Lepas Festival Gema Takbir dan Pawai Kreasi di Pulang Pisau

“Desa Trangsan merupakan contoh sukses dalam mengembangkan industri kreatif berbasis kerajinan rotan. Kami ingin memahami bagaimana mereka mampu memberdayakan masyarakat lokal menjadi pengusaha rotan,” ungkap Hj. Nunu Andriani.

Selain fokus pada industri kreatif, Pemkab Pulang Pisau juga ingin mempelajari tata kelola pemerintahan desa yang dinilai baik. “Kami juga ingin memahami bagaimana Desa Trangsan mengelola pemerintahan desa dan pelayanan publik, termasuk penanganan kasus stunting dan kemiskinan ekstrem,” tambah Hj. Nunu Andriani.

Dengan kaji banding ini, diharapkan Kabupaten Pulang Pisau dapat mengadopsi praktik-praktik terbaik dalam pengembangan UMKM, industri kreatif, serta tata kelola pemerintahan desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Zulmi

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img