Visi Prof. Ganefri, Ph.D dalam Penguatan Kebangsaan

More articles

spot_img

Padang — Prof. Ganefri, Ph.D., yang menjabat sebagai Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) dan Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), menyampaikan gagasan inspiratifnya dalam Sarasehan Kebudayaan 2024 dengan tema “Menyulam Kebangsaan: Peran Perguruan Tinggi dalam Penguatan Nilai-Nilai Kebudayaan” di Auditorium UNS Solo pada 5-6 Maret 2024.

Dalam pidatonya, Prof. Ganefri menggarisbawahi pentingnya peran Perguruan Tinggi (PT) dalam memperkokoh nilai-nilai kebangsaan, baik dalam ranah afektif, kognitif, maupun psikomotor.

Dia menekankan integrasi nilai-nilai tersebut dalam kurikulum serta kegiatan kemahasiswaan, menjadikan PT sebagai penjaga dan pengembang kebudayaan bangsa. Prof. Ganefri juga memaparkan peran vital lembaga pendidikan dalam melestarikan nilai-nilai budaya melalui pengajaran seni dan budaya bangsa di berbagai PTN dan PTS di Indonesia.

Baca Juga :  Pengukuhan DPD Iluni UNP Padang Panjang: Langkah Strategis Menuju Generasi Emas 2045

Plt. Dirjen Dikti, Prof. Nizam, dalam pembukaannya menyoroti perlunya adopsi paradigma baru untuk memperkuat posisi Perguruan Tinggi dalam memperkaya nilai-nilai kebangsaan di tengah tantangan budaya global yang tidak selaras dengan budaya lokal.

Kemudian, dia juga menekankan pentingnya peningkatan kualitas pendidikan, baik melalui penyesuaian kurikulum, alokasi anggaran, maupun penelitian, guna memastikan kelangsungan budaya dan perkembangan peradaban bangsa.

Sarasehan kebudayaan ini dihadiri oleh 500 peserta dari berbagai kalangan, termasuk unsur Rektor PTN/PTS, delegasi Perguruan Tinggi, budayawan, seniman, dan dosen. Acara tersebut merupakan hasil kolaborasi antara UI, UNS, UNUSIA, MRPTNI, dan LPDP.

Za

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img