Perjalanan Karir DR.Ir. H. Edwin,Sp Dari Pemerintahan Hingga ke Kampus

More articles

spot_img

Siapa menyangka, perjalanan karir seseorang memulai karir berangkat dari bawah hingga akhirnya mencapai puncak. Begitu juga dengan Dr. Ir. Edwin, Sp, dia adalah seorang profesional yang terus mengukir prestasi gemilang di berbagai bidang, baik di sektor swasta, pemerintahan, maupun akademis.

Pertanyaan, “Apalagi yang dicari, Edwin?”

Diketahui, Suami nyonya. Hj. Nelsis itu yang telah dikarunia dua orang putra tersebut memulai karirnya dimulai sebagai Asisten Manager di PT. Incasi Raya pada tahun 1988-1989. Di sini, ia mengasah kemampuan manajerialnya (leadership) dan menanamkan fondasi yang kuat untuk karir masa depannya.

Tak lama setelah itu, ia melanjutkan perjalanannya mengabdi di pemerintahan sebagai Staf Dinas Pertanian (Disperta dan Hortikultura) Tk I Sumbar pada tahun 1990-1991, disana dia menegaskan komitmennya untuk berfokus dalam bidang pertanian.

Kemudian, Edwin mengambil tanggung jawab sebagai Kepala Seksi Perlintan Diperta Kodya Tk II Padang Panjang pada tahun 1992-1993, di mana ia berperan penting dalam mengembangkan program-program pertanian lokal.

Pada tahun 1996-1998, ia memimpin sebagai Kepala Seksi Bigram Diperta Tk II Padang Panjang, menunjukkan kepemimpinan yang solid dan visioner.

Karirnya semakin bersinar ketika ia menjabat sebagai Kepala Bidang Ekonomi Bappeda Kodya Dati II Padang Panjang dari tahun 1998 hingga 2003. Di sini, Edwin merancang dan mengimplementasikan strategi ekonomi yang memberikan dampak positif bagi daerah.

Perannya sebagai Kepala Kantor Penanaman Modal Kota Padang Panjang pada tahun 2003-2004 juga menunjukkan kemampuannya dalam menarik investasi yang menguntungkan kota, dimana dalam perjalanannya tersebut beriring kepemimpinan duet Walikota/Wakil Walikota Padang Panjang saat itu dr. H. Suir Syam,M.kes,MMR,-DR. Ir. H. Edwin,Sp, bersama kepemimpinan saat itu Padang Panjang berhasil mendatangkan investasi ke Serambi Mekkah (Mifan).

Kembali pada Dedikasinya, terhadap sektor pertanian terlihat jelas saat ia menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Panjang dari tahun 2004 hingga 2006. Ia kemudian menjadi Kepala Bappeda Kota Padang Panjang pada tahun 2006-2007, dan Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah pada tahun 2007-2008, menunjukkan kemampuannya dalam mengelola keuangan daerah dengan transparan dan efisien.

Pada tahun 2008, Edwin diangkat sebagai Kepala Dinas Pendapatan, Pengelola Keuangan, dan Aset Daerah Kota Padang Panjang, sebelum akhirnya menduduki puncak karir di pemerintahan sebagai Wakil Walikota Padang Panjang (2008-2013).

Di masa jabatannya, ia sempat menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Walikota pada tahun 2013, memperlihatkan kepemimpinan yang tegas dan berorientasi pada pembangunan berkelanjutan.

Setelah menyelesaikan tugasnya di pemerintahan, Edwin melanjutkan pengabdian di dunia akademis. Sejak tahun 2014, ia menjadi Dosen Fakultas Pertanian di Kampus III Universitas Andalas (UNAND) Dharmasraya.

Pada tahun 2019, ia diangkat sebagai Ketua Prodi Agroekoteknologi dan Ketua Departemen Budidaya Tanaman Perkebunan di kampus yang sama, menginspirasi dan membimbing generasi muda dalam inovasi pertanian.

Dengan segudang pengalaman dan prestasi, Edwin telah menunjukkan dedikasi dan kontribusi luar biasa di berbagai bidang. Namun, pertanyaan “Apalagi yang dicari? Dilihat dari biografinya menggambarkan sosok yang tak kenal lelah, semangat yang tak pernah padam untuk terus berkarya dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan bidang yang dicintainya.

Semangat ini menjadikan Edwin sosok yang selalu mencari peluang baru untuk berkontribusi lebih, baik dalam pengembangan pertanian, ekonomi, maupun pendidikan baik itu di swasta maupun pemerintahan dan tentunya untuk hidup yang bermanfaat dunia wal akhirat.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img