Tingkatkan Layanan, MPP Padang Hadir di Lokasi Strategis

More articles

spot_img

Padang, investigasi.news-WARGA Padang tidak perlu lagi resah dan letih jika berurusan. Semua telah dimudahkan Pemerintah Kota Padang dengan menyiapkan ruang pelayanan yang terpadu dan terintegrasi.

Tempat pelayanan yang memudahkan masyarakat itu yakni Mal Pelayanan Publik (MPP). Tempatnya representatif dan mudah dijangkau oleh siapa saja. Mereka yang ingin berurusan pun merasa nyaman. Tak harus berdesakan, berurusan di tempat yang jauh dari kebisingan dan sejuk.

MPP milik Pemko Padang kini berada di lantai IV Plaza Andalas. Di sini terdapat pelayanan perizinan dan nonperizinan, serta pelayanan publik dasar yang terintegrasi. Sebanyak 9 OPD di Pemko Padang membuka gerainya di MPP. Dan sebentar lagi, sejumlah instansi vertikal juga akan ikut bergabung di MPP untuk melayani publik.

MPP telah mulai melayani masyarakat Kota Padang sejak tanggal 1 Februari 2024. Sejak itu pula, siapa saja yang ingin mengurus segala perizinan dan nonperizinan dapat langsung menuju lantai IV Plaza Andalas.

“Terhitung mulai tanggal 1 Februari 2024, MPP Padang sudah aktif memberikan pelayanan kepada publik di lantai IV Plaza Andalas Padang,” ujar Wali Kota Padang Hendri Septa.

Hendri Septa mengatakan pemindahan MPP Kota Padang dari Pasar Raya ke Plaza Andalas ini mengikuti tren keberadaan MPP di kota-kota besar lainnya, yang mayoritasnya berada di lokasi-lokasi strategis. Pemindahan ini juga sejalan dengan janji Pemko Padang kepada Kementerian PANRB pada tahun 2018 silam.

Pemindahan MPP Padang bukan tanpa alasan. Selama ini Pemko Padang cukup peka dengan segala masukan, keluhan, pemikiran dan ekspektasi yang tinggi dari para stakeholder dan masyarakat. Berkat saran dari berbagai pihak, akhirnya MPP tidak lagi berada di tempat keramaian–di Pasar Raya Padang.

“Banyak pihak yang menginginkan hadirnya MPP yang lebih representatif. Oleh karena itu, dengan pemindahan MPP ini mampu meningkatkan aksesibilitas masyarakat pengguna layanan MPP dan mampu meningkatkan citra/branding dan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik oleh Pemko Padang,” harap Wali Kota Hendri Septa.

Kepala DPMPTSP Kota Padang Swesti Fanloni mengutarakan, kehadiran MPP di Plaza Andalas kini lebih memudahkan warga. Tidak seperti di tahun-tahun sebelumnya di mana warga harus bolak balik dalam berurusan. “Selama ini warga memang kerap mengeluh saat berurusan. Mesti mendatangi kantor atau dinas untuk memperoleh layanan perizinan dan non perizinan. Sekarang tidak lagi, warga cukup berurusan di MPP saja” ujar Swesti Fanloni.

Swesti Fanloni berharap, keberadaan MPP dapat menjadi etalase, cerminan serta branding Pemko Padang dalam mewujudkan komitmen pelayanan publik berkualitas dan prima. Termasuk menjawab keluhan warga yang selama ini kesulitan dalam berurusan. “Tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran pemerintah dalam berurusan secara tatap muka dengan masyarakat masih sangat diperlukan, karena itu MPP hadir di tengah masyarakat, melayani dengan hati” ungkap Swesti.

Hadirnya MPP tidak saja melayani masyarakat secara prima. Akan tetapi juga menjawab program unggulan Wali Kota dan Wakil Wali Kota dalam progul kesembilan yakni meningkatkan indeks kemudahan berusaha di Kota Padang.

Hadirnya MPP di Plaza Andalas cukup disambut baik masyarakat. Seperti disampaikan Eri. Lelaki berdomisli di Terandam itu mengaku tak perlu “bergedincit” di Pasar Raya untuk berurusan. Dirinya kini hanya mendatangi Plaza Andalas yang memang cukup nyaman. “Di Plaza Andalas kini bisa berurusan sambil berbelanja, anak-anak pun nyaman jika dibawa,” akunya.

Rini segendang seirama dengan Eri. Wanita yang memiliki usaha di Lubuk Buaya itu mengaku terbantu ketika MPP berada di Plaza Andalas. Aksesnya pun mudah. “Kalau ke MPP hanya sekali naik angkutan kota saja, tak perlu masuk pasar seperti sebelumnya,” ungkapnya. Seperti diketahui, MPP Padang resmi dipindah ke Plaza Andalas pada tanggal 19 Desember 2023 lalu. Pindahnya MPP ditandai dengan soft opening yang dilakukan oleh Wali Kota Padang Hendri Septa.(Charlie/sc)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img