Sosialisasi Bahaya Narkoba, Bnnk Pasbar Gandeng Media

Pasbar, investigasi.news-Dalam upaya menjalin kerjasama yang baik dengan pihak Insan Media di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), BNN Kabupaten Pasbar gelar Workshop Penguatan Kapasitas kepada Insan Media untuk Mendukung Kota Tanggap Ancaman Narkoba, berlangsung di Hotel Gucci, kamis (10/11), kemarin.

Kepala BNN Pasbar, Irwan Effenry melalui, Kasubag Umum BNNKnya Gidion Gerhard Silitonga mengatakan, dalam kegiatan ini dikedepankan terkait Program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), yang diharapkan menjadi formulasi atau antisipasi permasalahan pada umumnya Kabupaten Pasbar.

Dikatakan Gidion Gerhard Silitongnga, para peserta Insan Media dapat menjadi kepanjangan tangan dari kami BNN, untuk menjalankan program tersebut, karena BNN tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan atau support dari seluruh lembaga-lembaga atau dinas terkait, terutama elemen yang ada di masyarakat,” ujarnya.

Ia mengungkapkan ada beberapa materi yang disampaikan dalam workshop ini seperti kota tanggap terhadap ancaman narkoba hingga materi terkait aspek hukum tentang penyalahgunaan narkoba.

“Masyarakat harus lebih cerdas memilah dan memilih informasi guna menghindari dampak buruk lebih besar dimasa mendatang,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Kesbangpoll Pasbar, Yosmar Defia selaku Narasumber, mengatakan program P4GN, melalui lembaga BNN untuk diinformasikan terhadap seluruh elemen masyarakat, dan harus melaksanakan tentang program 4PGN tersebut, kami mendorong, men-support, ya intinya kami mempersatukan seluruh elemen masyarakat, untuk bisa melaksanakan program tersebut,” ujarnya.

Ia memaparkan melalui program P4GN diharapkan masyarakat Pasaman Barat, memiliki ketahanan diri yang kuat, untuk secara sadar menolak narkoba.

Sedangkan Dr.Gina Alecia mengatakan, akibat narkoba ini, banyak anak-anak dan pemuda di Pasbar yang terdampak narkoba, dan tidak jarang pula mendapat gangguan jiwa.”Dari pantauan kami di.lapangan banyak penyebab orang dalam gangguan jiwa, penyebabnya adalah Narkoba.”kata Gina singkat. (Malin)