Ajang Grand Final Uda – Uni Sumbar 2022, 16 Pasang finalis Tampil Memukau Di Istana Pagaruyung

More articles

spot_img

BatuSangkar, Investigasi.news – Malam Grand Final Pemilihan Uda – Uni Duta Wisata Sumatera Barat tahun 2022, berlangsung apik di pelataran depan Istano Basa Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (5/11) malam minggu.

Aneka ornamem kelap kelip dan tatanan lighting serta audio ruang terbuka yang keren, membuat nuansa malam grand final Uda – Uni Sumbar yang dihadiri Gubernur dan Bupati Walikota se-sumatera Barat itu, jadi semarak dan menarik.

Sebanyak 16 pasang finalis dari 16 Kabupaten dan Kota di Ranah Minang, tampil menunjukan kebolehan masing-masing. Mereka melenggang di atas caltwalk dengan busana bergenre Ranah Minang, berbahan dasar hitam untuk Uda dan Merah buat Uni dengan motif kuning keemasan.

Mereka tdak hanya tampil di caltwalk, ke 32 orang finalis juga melewati tantangan menjawab pertanyaan 5 orang juri tentang kepariwisataan, adat budaya, sikap kepribadian, teknik komunikasi dan digital, termasuk wawasan tentang pengetahuan umum dan pemerintahan.

Selanjutnya, Uda – Uni terpilih akan menyandang predikat Duta Wisata Sumatera Barat selama satu tahun, hingga digelar kembali pemilihan Uda – Uni tahun 2023, yang dijadual berlangsung di Kabupaten Solok Selatan tahun depan.

Bupati Pasaman H. Benny Utama yang hadir langsung memberikan dukungan moril bagi Uda – Uni Kabupaten Pasaman, mengaku ajang ini cukup strategis bagi pengembangan dunia kepariwisataan di masing-masing daerah.

“Walau utusan kita belum berhasil menjadi yang terbaik di Sumatera Barat malam ini, namun setidaknya anak kita Pasaman, Foby dan Monica, sudah teruji mampu menjadi Duta Wisata Kabupaten Pasaman tahun 2022,” ujar Bupati Benny Utama, yang tampak beberapa kali diwawancarai kru televisi dan wartawan tadi malam.

Gubernur Sumatera Barat diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan Wardarusman, menyatakan bahwa pemilihan Uda – Uni Duta Wisata SumateraBarat di pagaruyung malam ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

“Malam grand final Uda – Uni di Kabupaten Tanah Datar ini sungguh luar biasa,” kata gubernur.

Ketua pelaksana pemilihan Uda – Uni Duta Wisata Sumatera Barat tahun 2022, Luhur Budianta, yang juga Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, melaporkan bahwa finalis Uda – Uni utusan Kabupaten Kota se-Sumatera Barat, sempat dikarantina dan digembleng selama lima hari di Batu Sangkar, dari tanggal 1 hingga 5 November 2022.

Malam Grand Final Uda – Uni Sumbar dimeriahkan berbagai atraksi kesenian tradisional, artis KDI dan penampilan ‘artis dadakan’ bupati dan pejabat yang hadir, termasuk satu lagu melankolis dari Bupati Pasaman H. Benny Utama.

Hasil penilaian dewan juri yang terdiri dari Budayawan, Seniman, Pakar Komunikasi dan Anggota DPR RI utusan Sumbar, menetapkan lima kategori pemenang sebagai berikut;

I. Kategori Berbakat :
Uda Kota Bukittinggi dan Uni Kabupaten Agam

II. Kategori Favorit melalui polling digital :
Uda Kabupaten Solok Selatan dan Uni Kabupaten Solok Selatan.

III. Harapan III Uda Kabupaten Pasaman dan Uni Kabupaten Sijunjung

IV. Harapan II Uda 50 kota dan Uni Kota Sawahlunto

V. Harapan I Uda Kota Payakumbuh dan Uni Kabupaten 50 Kota

Sedangkan untuk tiga besar, kategori Wakil II terpilih Uda Kabupaten Padang Pariaman dan Uni Kabupaten Solok. Wakil I diraih Uda Kota Padang dan Uni Kabupaten Tanah Datar.

Dan Predikat Uda – Uni Duta Wisata Sumatera Barat tahun 2022 diraih Uda Kabupaten Pesisir Selatan dan Uni Kota Padang. mc

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img