Peringati Hut ke 18 Tahun, Pemkab Solsel Targetkan Pembangunan Jalan Ke Dharmasraya

Barner. (Desain:IT Inv)

Memperingati Hari Jadi Kabupaten Solok Selatan, sebagai mitra pemerintahan setiap media yang meliput di Wilayah Kabupaten Solok Selatan mendapat tugas mempublikasikan kegiatan yang sudah dan yang akan dilakukan pada tahun berikutnya. 

Kali ini, Pada HUT Kabupaten Solok Selatan yang ke 18 tahun. Investigasi.news mendapat tugas untuk mempublikasikan disalah satu OPD Pemkab Solsel yaitu Dinas PUTR kabupaten Solok Selatan. 

Solok Selatan, investigasi.News – Hari ini 7 Januari 2022, bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Solok Selatan ke 18 tahun. Diawali dengan acara rapat paripurna di DPRD Solok Selatan hingga diikuti dengan rangkaian acara selanjutnya.

Beberapa saat setelah pelaksanaan rapat paripurna, Bupati melakukan sesi wawancara dengan awak media di gedung DPRD kabupaten Solok Selatan. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Solok Selatan Khairunas menjelaskan bahwa saat ini Pemkab Solsel sedang memprioritaskan akses jalan dari Solok Selatan ke Kabupaten  Dharmasraya. Dengan tujuan, untuk meningkatkan Ekonomi masyarakat Solok Selatan, serta lebih memudahkan akses perhubungan menuju lintas Sumatera. 

Sementara itu, Ketua DPRD Solok Selatan, Zigo Rolando, pada tempat dan waktu yang sama juga menjelaskan, bahwa akses jalan yang akan dikerjakan pada 2022 ada dua jalur, yang pertama jalan Propinsi dan satunya lagi jalan kabupaten. Menurut Ketua DPRD Zigo Rolando. Pada jalur menuju Kabupaten Darmasraya akan dibangun jalan Tol. Dengan adanya lalu lintas yang lancar Ketua DPRD Solok Selatan berharap akan ada dampak positifnya terhadap Kabupaten Solok Selatan dimasa mendatang. 

Lebih lanjut, Plt DPUTR Yolly Hirlandes Putra,St, M.I.L menambahkan, untuk 2021 semua kegiatan fisik selesai 100 % tanpa ada yang putus kontrak. Dengan demikian realisasi penyerapan anggaran 93 %. Mencapai Total anggaran 2021 APBD P Rp. 91.598.495.000.

Selanjutnya, menyinggung tentang penggantian lahan masyarakat untuk pembangunan di wilayah Solsel ini, Yolly memaparkan ” kurang lebih 17 M untuk rencana pengembangan kantor bupati, jalan Poros, jalan Pasar Baru Rth muara labuh, Embung Lasung Batu, dan lainnya, sementara untuk tahun : 2022 capai 4,6 M.

Pengerjaan jembatan menuju akses wisata Hot Water Boom di Solok Selatan. (Foto: deno)

Terpisah salah seorang rekanan yang menang tender dalam pengerjaan jembatan menuju akses wisata Hot Water Boom. Selama proses pengerjaan sampai proses administrasi, semua berjalan lancar dan tidak ada kendala. Hanya saja harga sebelum pengerjaan berbeda setelah proyek tersebut dikerjakan. Maksud dari rekanan Ben nama panggilan. Harga material rata – rata mengalami kenaikan, setelah lelang selesai. Tapi proyek harus terus di siapkan”, ungkap rekanan tersebut.

(Deno)