Prof. Ganefri: Pengisian PDSS 2024 adalah Tanggung Jawab Sekolah dalam Kesuksesan SNBP

More articles

spot_img

Padang, investigasi.news – Dalam mengikuti Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 nanti, ada bagian terpenting dalam proses pendaftaran, yaitu pengisian Pangkal Data Sekolah dan Siswa alias PDSS yang dihimpun oleh masing-masing sekolah.

PDSS sendiri adalah sistem informasi yang berisikan data dan nilai rapor siswa. Data ini diperlukan untuk proses pendaftaran siswa dan menentukan bisa tidaknya siswa mengikuti seleksi SNPMB khusus jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP). Pengisian PDSS untuk SNPMB 2024 akan digelar pada 9 Januari-9 Februari 2024.

Oleh sebab itu, Ketua Umum Tim Penanggung Jawab SNPMB 2024 Prof. Ganefri, Ph.D mengungkapkan bahwa peran sekolah sangat dominan dalam pengisian PDSS karena penentu keberhasilan siswa dalam mendaftar SNPMB melalui jalur SNBP.

“Saya ingatkan kepada Bapak/Ibu kepala sekolah, seandainya anak-anak kita gagal mendaftar di SNBP maka itu kegagalan sekolah. Itu Tanggung Jawab Sekolah,” tegas Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) itu dalam acara ‘Sosialisasi Daring Mekanisme Pengisian PDSS 2024’ melalui ZooM Meeting yang disiarkan langsung melalui Instagram @snpmbbppp dan Channel Youtube SNPMB BPPP, Senin (8/1/2024) siang

Maka dari itu, lanjutnya pihak sekolah harus dengan benar melakukan pengisian PDSS dan dilakukan segera setelah waktu pengisian PDSS dibuka. “Alangkah lebih baiknya peserta yang eligible memenuhi syarat SNBP segera diinputkan dan segera selesaikan proses pendaftarannya. Diingatkan juga pastikan setelah proses penginputan, operator melakukan finalisasi proses pendaftaran,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Pelaksana SNPMB 2024 Prof. Tjitjik Sri Tjahjandarie, Ph.D. Ia mengungkapkan komitmen sekolah sangat dibutuhkan dalam proses pengisian PDSS ini karena menyangkut nasib anak bangsa. Menurutnya ini merupakan peluang besar bagi siswa berprestasi untuk mendapatkan pendidikan di PTN dengan jalur prestasi sehingga diharapkan sekolah memfasilitasinya.

“Jika sekolah tidak memanfaatkan peluang ini berarti kurang memperjuangkan siswa-siswa di sekolah mereka. Saya ingatkan juga sekolah jangan membebankan kepada satu operator saja untuk menginput data, apalagi baru diinputkan di akhir-akhir batas pengisian. Ini mohon jadi bahan perhatian, jumlah operatornya dan juga operatornya diperhatikan,” terangnya.

Dalam sosialisasi itu, Prof. Tjitjik juga menjawab pertanyaan kenapa tidak semua sekolah bisa mengisi PDSS. Menurutnya Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi merupakan proses seleksi yang dilaksanakan secara nasional dan difasilitasi oleh negara oleh sebab itu dibutuhkan standarisasi yang menasional juga sehingga kurikulum nasional dijadikan acuan sebagai standarisasi itu

“Sehingga sekolah yang tidak menerapkan kurikulum nasional diluar koridor SNBP. Para siswa yang dari sekolah yang tidak menerapkan kurikulum nasional dapat mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT),” tambahnya.

Lebih lanjut, Koordinator SNBP 2024 Riza Satria Perdana, ST, MT mengungkapkan secara umum ada empat tahapan yang dilakukan sekolah dalam mengisi PDSS. Pada tahap pertama, sekolah harus memastikan data sekolah benar. “Bagaimana caranya? Jika data Dapodik sudah benar, bisa dipastikan data sekolah di PDSS juga sudah benar.”

Tahap selanjutnya, sekolah harus menentukan siswa yang eligible memenuhi syarat untuk mengikuti SNBP berdasarkan kuota sekolah dari akreditasi masing-masing sekolah. Pada tahap ini sekolah juga telah harus menyiapkan data-data siswa.

Kemudian, sekolah menentukan rangking siswa yang eligible dengan memasukan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan memasukan kurikulum yang dipakai dan diakhiri dengan proses Finalisasi. “Finalisasi ini sangat penting karena dari kasus tahun sebelumnya, banyak sekolah lupa memfinalisasi proses pengisian PDSS ini sehingga siswa mereka tidak bisa mendaftar,” tambahnya.

Jadwal SNBP

Pengumuman Kuota Sekolah – 28 Desember 2023

Masa Sanggah Kuota Sekolah – 28 Desember 2023 – 17 Januari 2024

Registrasi Akun SNPMB Sekolah – 08 Januari – 08 Februari 2024

Registrasi Akun SNPMB Siswa – 08 Januari – 15 Februari 2024

Pengisian PDSS – 09 Januari – 09 Februari 2024

Pendaftaran SNBP – 14 – 28 Februari 2024

Pengumuman Hasil SNBP – 26 Maret 2024

Jadwal UTBK-SNBT

Pembuatan Akun SNPMB – 08 Januari – 15 Februari 2024

Pendaftaran UTBK-SNBT – 21 Maret – 05 April 2024

Pelaksanaan UTBK Gelombang 1 – 30 April dan 02 – 07 Mei 2024

Pelaksanaan UTBK Gelombang 2 – 14 – 20 Mei 2024

Pengumuman Hasil SNBT – 13 Juni 2024

Masa Unduh Sertifikat UTBK – 17 Juni – 31 Juli 2024

Hms

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img