Prof. Ganefri Resmikan Program Ekonomi Produktif Ponpes pada Milad ke-96 Perti

More articles

spot_img

Padang, Investigasi.news – Prof. Ganefri, PhD meresmikan Program Ekonomi Produktif Pondok Pesantren pada Milad ke-96 Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti) Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Limapuluh Kota yang dipusatkan di Ponpes MTI Tabek Gadang, Kabupaten Limapuluh Kota. Acara ini berlangsung dengan meriah dan khidmat, menandai komitmen yang kuat untuk memajukan pendidikan di wilayah tersebut.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo atau perwakilannya, Kakan Kemenag Limapuluh Kota Irwan, M.Ag, Ketua BAZNAS Limapuluh Kota Julius, Pimpinan MTI Tabek Gadang H. Mulyadi, S.Ag, serta tamu undangan lainnya. Kehadiran mereka menunjukkan dukungan penuh terhadap inisiatif yang bertujuan memperkuat kemandirian ekonomi pesantren.

Program Ekonomi Produktif ini diluncurkan dengan tujuan agar Ponpes MTI Tabek Gadang dapat mencapai kemandirian dari segi operasional dan pembiayaan. “Selamat atas Milad Perti ke-96, peluncuran Program Ekonomi Produktif Ponpes, dan pelepasan para lulusan kelas akhir Ponpes MTI Tabek Panjang,” ujar Rektor UNP Prof. Ganefri dalam sambutannya. Beliau juga diberi kehormatan untuk memotong pita dan melepaskan balon sebagai simbolis peluncuran program ini, yang disambut dengan tepuk tangan meriah dari para hadirin.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Ganefri juga diminta untuk menyampaikan orasi pendidikan di hadapan ratusan hadirin. Dalam orasinya, beliau menekankan bahwa pondok pesantren merupakan aset luar biasa dalam dunia pendidikan karena mampu membentuk mental spiritual dan akademik generasi penerus. “Pondok pesantren adalah tempat yang sangat penting dalam membentuk karakter dan keilmuan para santri. Ini adalah investasi besar untuk masa depan bangsa,” tegasnya.

Sebagai calon Gubernur Sumbar, Prof. Ganefri menegaskan komitmennya untuk mendukung program-program yang bertujuan memajukan pendidikan dan kemandirian ekonomi pesantren. Ia juga mengapresiasi kemajuan yang telah dicapai oleh MTI Tabek Gadang di bawah kepemimpinan Mulyadi, S.Ag. “Saya sangat mengapresiasi semangat dan dedikasi Mulyadi dalam memimpin MTI Tabek Gadang. Kemajuan yang telah dicapai sangat luar biasa,” tambahnya.

“Saya insya Allah akan memenuhi permintaan Adinda Mulyadi agar lulusan MTI Tabek Gadang bisa melanjutkan kuliah di UNP dan perguruan tinggi negeri lainnya. Kami juga akan membantu dengan beasiswa,” janji Prof. Ganefri, yang disambut dengan tepuk tangan meriah dari para hadirin. Pernyataan ini menunjukkan komitmen nyata untuk membuka akses pendidikan yang lebih luas bagi para santri.

Sebagai Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), Prof. Ganefri juga mengucapkan selamat atas Milad Perti ke-96, pelepasan santri tahun akhir MTI Tabek Gadang, serta peluncuran Program Ekonomi Produktif. Ia menegaskan bahwa kolaborasi antara perguruan tinggi dan pesantren merupakan langkah strategis untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

Ketua Panitia Milad ke-96 Tingkat Kabupaten Limapuluh, H.R. Dt. Rajo Suaro, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Rektor UNP Prof. Ganefri yang dapat hadir di tengah-tengah bencana yang menghantam Sumbar hingga memutuskan jalan nasional Padang-Bukittinggi dan jalan lainnya. “Luar biasa. Terima kasih atas kehadiran Pak Rektor Prof. Ganefri di acara Milad Perti ke-96 di MTI Tabek Gadang,” ujarnya dengan penuh rasa syukur.

Pimpinan MTI Tabek Gadang, Buya Mulyadi, S.Ag Dt. Paduko Marajo, juga menyatakan rasa salut dan terima kasih atas kehadiran Rektor UNP Prof. Ganefri pada Milad Perti ke-96 tahun 2024. Mulyadi menjelaskan bahwa sejak tahun 2020, MTI Tabek Gadang telah mengalami kemajuan pesat, dan kini menjadi madrasah digital yang siap bersaing dengan ponpes lainnya di Sumatera Barat. “Alhamdulillah, berkat dukungan dari semua pihak, baik Kemenag Limapuluh Kota, Pemkab Limapuluh Kota, para orang tua siswa atau santri, para tokoh masyarakat, dan lainnya, kini MTI Tabek Panjang sudah maju. Kami berharap Prof. Ganefri dapat terus mendukung kemajuan MTI Tabek Gadang,” kata Buya Mulyadi, sambil memaparkan prestasi dan kemajuan MTI Tabek Gadang hingga diundang ke Istana Presiden RI di Jakarta untuk memberikan masukan bagi kemajuan bangsa.

Selain itu, Mulyadi juga menyampaikan bahwa Prof. Ganefri sedang mempersiapkan diri untuk menjadi calon Gubernur Sumbar periode 2024-2029. Hal ini menambah harapan besar bagi masyarakat Sumbar akan kepemimpinan yang proaktif dan inovatif di masa depan.

Milad Perti ke-96 bertema “Momentum Milad Perti ke-96 Tahun untuk Mewujudkan Perti yang Bermartabat dengan Semangat Islah”. Tema ini mencerminkan semangat islah atau perbaikan yang menjadi dasar bagi setiap langkah dan kebijakan yang diambil oleh organisasi ini.

Kegiatan Milad ini juga bersamaan dengan pelepasan santri kelas akhir, penyerahan penghargaan kepada stakeholder, dan peluncuran Program Ekonomi Produktif MTI Tabek Gadang. Rangkaian acara ini berlangsung selama tiga hari, dari 12 hingga 14 Mei 2024, dengan berbagai kegiatan yang memperkaya semangat dan kebersamaan.

Ratusan orang tua santri dan wali nagari, yang menjadi basis kekuatan Perti dan MTI Tabek Gadang, turut hadir dalam acara ini. Mereka memberikan dukungan penuh dan ikut merayakan pencapaian serta kemajuan yang telah diraih. Suasana yang meriah dan penuh hikmat mencerminkan kebersamaan dan komitmen seluruh pihak untuk terus memajukan pendidikan dan kesejahteraan di Kabupaten Limapuluh Kota.

Mc/red

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img