Rektor UNP Ganefri Siap Maju Sebagai Calon Gubernur Sumbar, Ketua Kosgoro Beri Dukungan

More articles

spot_img
Padang, Investigasi.news – Prof. Ganefri, M.Pd., Ph.D., yang telah memimpin Universitas Negeri Padang (UNP) selama dua periode, akan menyelesaikan masa jabatannya sebagai rektor pada bulan Juni 2024. Namun, tidak lama setelah itu, pada bulan November 2024, Sumatera Barat (Sumbar) akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (pilkada).

Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh Partai Golkar, yang secara tiba-tiba meminang Prof. Ganefri sebagai calon Gubernur Sumbar untuk lima tahun ke depan (2024 – 2029).

Tak menunggu lama, Prof. Ganefri, yang juga menjabat sebagai Ketua Tanfidziyah PWNU Sumatera Barat, menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai bakal calon gubernur.

“Saya siap maju dengan sejumlah program untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Sumbar, memajukan dunia pendidikan, dan menyiapkan generasi unggul serta sarjana yang siap berkiprah dalam membangun daerah dan negara kita. Semoga mendapat dukungan dari berbagai kalangan,” katanya kepada wartawan.

Dukungan pun mulai mengalir ke Prof. Ganefri dari berbagai pihak setelah ia menyatakan niatnya. Salah satunya datang dari Ketua Kosgoro Sumbar, Ir. Weno Aulia Datuk Tumanggung.

Menurut Weno, prestasi yang telah diraih oleh Ganefri sebagai Rektor UNP layak dijadikan referensi dalam memilihnya. “Prestasinya membuktikan bahwa seorang akademisi juga dapat menjadi pemimpin yang tangguh,” ujarnya.

Weno menyoroti prestasi Ganefri dalam memajukan dunia pendidikan tinggi di Sumbar, termasuk penghargaan sebagai Anugerah Leader Rektor Terbaik se-Indonesia Kategori Perguruan Tinggi Terakreditasi Unggul tahun 2023. Dia juga memuji upaya Ganefri dalam melibatkan seluruh elemen akademika untuk berkontribusi.

Menurut Weno, prestasi lain yang patut dicatat adalah membawa UNP meraih penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Informatif dalam hasil Monev Keterbukaan Informasi Publik oleh Komisi Indonesia (KI) Republik Indonesia pada tahun 2021.

Lebih dari sekadar pemimpin akademik, Ganefri juga diakui sebagai sosok yang berperan penting dalam pelestarian dan pengembangan budaya Minangkabau.

Inovasinya terlihat melalui kegiatan UNP Bersongket pada Dies Natalis UNP ke-69 tahun 2023, yang bukan hanya memecahkan rekor MURI, tetapi juga menunjukkan kecintaannya terhadap warisan budaya Indonesia, khususnya budaya Minangkabau.

Red

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img