UNP Gelar Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2024, Membangun Karakter dan Kebhinekaan Pemuda

More articles

spot_img

Padang, investigasi.news – Universitas Negeri Padang (UNP) kembali dipercaya untuk menjadi tuan rumah Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Inbound pada semester Januari – Juni 2024. Kegiatan ini berlangsung di Aula FMIPA UNP pada Selasa (6/2), menandai keempat kalinya UNP ditunjuk sebagai salah satu dari 210 perguruan tinggi di Indonesia yang menyelenggarakan program ini.

Acara dibuka dengan sambutan hangat oleh Wakil Rektor I bidang Akademik, Dr. Refnaldi, M.Litt, yang mendorong para peserta untuk memanfaatkan peluang yang ada selama program berlangsung.

Menurut Kasubdit Inovasi Pembelajaran dan MBKM, Dr. Nofrion, M.Pd, orientasi kali ini diikuti oleh 140 mahasiswa dari 72 perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia. Mahasiswa ini akan mengikuti berbagai program akademik dan non-akademik yang disusun khusus oleh UNP, termasuk 16 kegiatan dalam Modul Nusantara yang mencakup kegiatan kebhinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial.

Baca Juga :  Langkah Maju Menuju Standar Internasional, UNP dan USIM Jalin Kerjasama Strategis

“Kami berharap kegiatan PMM 4 ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat bagi semua peserta,” kata Dr. Nofrion dalam sambutannya.

Tema utama PMM4 di UNP tahun ini adalah eksplorasi nilai-nilai “adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah” untuk mendukung profil pemuda Pancasila. Program ini bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kebangsaan dan karakter mahasiswa sebagai generasi muda yang berbudi pekerti luhur.

Salah satu peserta, Widiyadhana dari Universitas Siliwangi, menyampaikan apresiasinya, “Terima kasih kepada UNP atas kesempatan ini untuk mengembangkan kemampuan dan kualitas diri kami di salah satu universitas terbaik di Indonesia, khususnya di Sumatera.”

Acara orientasi ini juga diisi dengan berbagai materi menarik, termasuk Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) oleh Dr. Fatmariza, M.Hum, Layanan Administrasi Akademik oleh Ike Mariska, S.Kom, dan Modul Nusantara yang dipandu oleh Dr. Nofrion, M.Pd.

Baca Juga :  Gelar Jumpa Pers, UNP Catat Rekor Peserta dan Antusiasme Jalur Prestasi yang Meningkat Pesat

Keterlibatan penuh dari Wakil Rektor III SDM, para dekan, direktur, kepala departemen, kepala program studi, dan admin prodi, menegaskan komitmen UNP dalam mendukung keberhasilan PMM4. Melalui program ini, UNP tidak hanya fokus pada peningkatan kualitas akademik, tetapi juga pada penguatan karakter dan kontribusi sosial mahasiswa untuk kemajuan bangsa. Semoga PMM4 di UNP menjadi momentum penting dalam membentuk generasi muda yang cerdas, terampil, dan berintegritas tinggi untuk masa depan Indonesia.

Za

spot_img
spot_img

Latest

spot_img