Bupati Dharmasraya Berikan Jawaban Atas Pandangan Umum Fraksi DPRD

Dharmasraya, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan memberikan jawaban atas pandangan umum fraksi DPRD terhadap nota penjelasan keuangan atas rancangan peraturan daerah tentang Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2023.

Hal tersebut disampaikan Bupati Sutan Riska dalam rapat paripurna DPRD yang digelar di gedungnya DPRD Dharmasraya, di Tebing Tinggi, Rabu (16/11/2022).
Kata Sutan, pandangan umum yang disampaikan tentunya akan menjadi perhatian bersama seluruh jajaran Pemerintah Daerah. Karena bupati berharap proses perancangan dan penganggaran di tahun 2023 akan lebih menyentuh kebutuhan masyarakat demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat sebagaimana harapan masyarakat.

Menanggapi Fraksi Bangsa Sejahtera tentang progam yang tertunda agar dimasukan kembali ke dalam APBB untuk dimaksimalkan pada 2023, bupati akan mempertimbangkan perencanaan yang belum terealisasi dapat disesuaikan kembali pasa tahun berikutnya. Pasca pandemi COVID-19 perencanaan anggaran akan tetap mengacu pada prinsip dasar pembagunan, yakni efisien, efektif, transparan dan akuntabel.

Begitu juga Sutan Riska juga mengapresiasi masukan dan saran tentang proses perencanaan dan penganggaran untuk mengedepankan asas efisien dan efektivitas dengan menempatkan program dan kegiatan serta memperhatikan skala prioritas dan produktivitasnya.

Seterusnya himbauan dari Fraksi Nurani Demokrat terkait kebijakan pemerintah daerah dan pusat haruslah memperhatikan kepentingan masyarakat, bahwa pemerintah daerah Dharmasraya sepakat bahwa kebijakan daerah tidak akan terlepas dari harmonisasi kebijakan pemerintah pusat, misala dalam penanganan kemiskinan ekstrem dan stunting merupakan salah satu bagian dalam prioritas pembangunan.

Hal ini sangat berkaitan dengan upaya peningkatan pelayanan kesehatan, pendidikan, optimalisasi pelayanan publik, dan pemenuhan infrastruktur daerah dalam pemulihan ekonomi
Pada kesempatan itu, Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) juga memberi jawaban atas pandangan umum dari Fraksi Golkar Berkarya, Fraksi Gotong Royong, Fraksi PAN, dan Fraksi Gerindra.

Raja Koto Besar mengucapkan terimakasih atas semua masukan dan saran yang disampaikan oleh Fraksi-fraksi DPRD kepada pemerintah daerah. Kalaupun terdapat hal-hal yang belum terungkap dalam jawaban tersebut akan disempurnakan lebih detail pada rapat-rapat selanjutnya. Mc