10 Mahasiswa dan Pelajar Laksanakan Program Magang Diskominfo Kabupaten Limapuluh Kota.

Limapuluh Kota, investigasi.news-Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Limapuluh Kota, sebagai bentuk pelayanan ke masyarakat, selalu membuka diri dalam membantu lembaga pendidikan untuk peningkatan kapasitas sumberdaya manusia. Peningkatan kapasitas tersebut ditempuh melalui program magang pada Diskominfo Limapuluh Kota, dengan melibatkan peserta magang pada aktivitas tugas dan fungsi Diskominfo serta memberikan peluang untuk mempraktikkan ilmu mereka di bangku pendidikan.

Setidaknya 10 mahasiswa dan pelajar saat ini telah melaksanakan program magang di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Limapuluh Kota. Program magang yang berlangsung antara dua bulan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan penguasaan kompetensi peserta magang. Untuk efektifnya pelaksanaan program magang para pesera didistribusikan kepada sejumlah unit kerja yang terdapat pada Dinas Kominfo.

“Kami sangat menyambut baik, pelaksanaan program magang yang pada dasarnya adalah bentuk kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota dan kelembagaan perguruan tinggi dan sekolah dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia, yang memiliki kecakapan dalam penguasaan Teknologi Informatika, ” kata Kepala Dinas Kominfo pada Senin (21/03/2022). Di bagian lain, Kadis Kominfo mengungkapkan untuk lebih terarahnya program magang, Peserta disebar kepada sejumlah untuk unit kerja di Dinas Kominfo. Antara lain, pada bidang Persandian, Komunikasi Publik, Statistika serta Aplikasi dan Informartika (Aptika). Diharapkan setelah pelaksanaan magang setidaknya peserta magang memiliki pengalaman dalam pengaplikasian teori selama dibangku pendidikan dan hubungannya dengan penempatan untuk mendukung tugas-tugas dan fungsi Dinas Kominfo.

Salah satu peserta Ramsi, mahasiswa semester V Universitas PGRI, mengatakan,”Saya memperoleh banyak hal baru selama magang, semoga memudahkan saya dalam menyempurnakan menyusun Laporan Akhir Magang nantinya.”
Kesepuluh peserta magang terdiri dari empat orang mahasiswa asal Universitas Andalas dari Fakultas Teknologi Informasi antar lain Ufa Aurora Guciano, Niken Ramadhani, Ulfatmi Hanifah dan Siti Nina Azwalia Tanjung. Selain itu dua orang mahasiswa lainnya berasal dari Universitas PGRI Sumatera Barat dari Fakultas Sains dan Teknologi antara lain Ramsi Nur Hasanah dan Rahmatin Anisa. Serta dua orang siswa SMK N 3 Payakumbuh dari Jurusan Teknik Komputer Jaringan antara lain Alhamdi dan Arif Rahman Hakim.

Selama pelaksanaan magang, Kegiatan yang dilakukan di Kominfo berbeda setiap bidangnya, peserta magang yang dari Universitas Andalas ditugaskan di bidang Persandian dengan kegiatan Perancangan Database dan membuat Aplikasi Berbasis Web dan bidang Statistika dengan kegiatan yang sama, selain itu mahasiwa Universitas PGRI Sumatera Barat pada bidang Komunikasi Publik dengan kegiatan yang dilakukan seperti Desain Grafis, dan untuk peserta magang dari SMK pada bidang Aplikasi dan Informatika (Aptika) dimana kegiatan yang mereka lakukan memasang jaringan. Kegiatan dalam proses kegiatan magang ini dilakukan semata-mata untuk lebih mendalami jurusan yang diambil di kampus/sekolah masing-masing. Hms/Yon