Ketua DPRD Kota Padang Panjang : Inilah saatnya FJKIP Bersinergi dengan Pemkot dan DPRD”

Padang Panjang, Investigasi.news – Ketua DPRD Kota Padang Panjang, Mardiansyah, A. Md menyambut positif kehadiran forum jurnalis keterbukaan informasi publik (FJKIP) Kota Padang Panjang.

Pernyataan tersebut disampaikan Mardiansyah dalam acara silaturrahmi bersama pengurus FJKIP Kota Padang Panjang, di Resto Gallery & Cafe Lembuti, Rao-Rao, Kelurahan Koto Panjang, Minggu, (24/4/2022).

Disebutkannya, ketidakhadirannya pada acara pengukuhan pengurus FJKIP Kota Padang Panjang akhir Maret lalu bukanlah tanpa sebab. Melainkan karena kesibukan dan beberapa pekerjaan mendesak yang tidak dapat ditinggalkan pada waktu yang sama.

“Saya mohon maaf kepada kawan-kawan wartawan karena tidak dapat hadir dalam pengukuhan pengurus FJKIP beberapa waktu lalu. Percayalah, hati dan raga saya berada di tengah-tengah rekan-rekan FJKIP,” sebutnya.

Mardiansyah juga menyampaikan harapannya agar FJKIP bisa bersinergi dengan pemerintah daerah dan DPRD.

“Sebagai ketua DPRD, saya berharap kepada teman-teman FJKIP, inilah saatnya bagaimana bersinergi dengan pemerintah daerah dan DPRD untuk mengawal program-program yang baik,”tuturnya.

“Kalau ingin mengkritik silakan mengkritik dengan tujuan membangun, Bukan menghujat atau menghakimi. Dengan teman-teman media kami selalu berkomunikasi, kalau ada hal-hal yang tidak pada tempatnya selalu dibincangkan terlebih dahulu dak tidak langsung menjadi bahan berita yang memojokkan,” sambungnya.

Ditambahkan Mardiansyah, sebagai bentuk adanya perhatian DPRD kepada wartawan. DPRD sempat memplot anggaran untuk kegiatan yang akan dilakukan teman-teman wartawan.

“Seiring berjalannya waktu, ternyata ada pemotongan seluruh anggaran karena terfokus untuk penanggulangan Covid-19. Tapi, insyaallah ke depannya kita akan perbaiki apa yang menjadi hak teman-teman wartawan dalam melakukan kegiatan keterbukaan informasi publik. Nantinya juga menjadi pembahasan di DPRD ,”ujarnya diakhir sambutannya.

Adapun jalannya acara silaturrahmi dipandu sekretaris FJKIP Kota Padang Panjang, Rifnaldi. Kemudian penyampaian singkat Ketua FJKIP Kota Padang Panjang, Alfian YN, dan dilanjutkan sambutan Ketua DPRD Kota Padang Panjang, Mardiansyah, A. Md.

Ketua FJKIP Kota Padang Panjang, Alfian YN dalam penyampaian singkatnya mengatakan acara silaturrahmi dengan Ketua DPRD Kota Padang Panjang, Mardiansyah, A. Md merupakan acara pertama FJKIP Kota Padang Panjang pasca pengukuhan pengurus akhir Maret lalu.

“Atas nama keluarga besar FJKIP Kota Padang Panjang mengucapkan terima kasih atas kesediaan waktu bapak Mardiansyah sehingga terlaksananya silaturrahmi ini,” ujar Alfian.

Usai silaturrahmi acara dilanjutkan diskusi internal pengurus FJKIP Kota Padang Panjang tentang kegiatan program yang akan dilakukan.

Sebelum diskusi dilangsungkan didahului dengan pembubaran panitia acara pengukuhan pengurus FJKIP Kota Padang Panjang yang disampaikan oleh Ellefwirnovri, selaku bendahara panitia pengarah.

Sementara itu dalam diskusi yang juga dipandu sekretaris FJKIP Kota Padang Panjang, Rifnaldi mengemuka beberapa usulan program jangka pendek.

Yuwardi Tanjung selaku Koordinator bidang Litbang mengusulkan program menggali kibijakan tentang Olehraga mulai dari tngkat nasional sampai ke daerah dengan mengadakan kegiatan focus group discussion (FGD) skala Nasional.

Yuwardi juga mengusulkan pembahasan sumber pendanaan kegiatan yang berasal dari Pokir Anggota DPRD Padang Panjang, sumber pendanaan danah hiba Pemko Padang Panjang, dan sumber pendanaan dari donator yang tidak mengikat.

Kemudian, Koordinator bidang SDM, Jon Kenedi mengusulkan program pelatihan jurnalis untuk anak-anak Padang Panjang yang putus sekolah di setiap Kelurahan.

Usulan juga disampaikan Syamsoedarman, Syafriyanto, Dasriel, Endang Sudarya.
.
Sedangkan program bidang lainnya, yakni Program Sosial, Advokasi, Pemberdayaan Perempuan, Keagamaan, dan Kelembagaan disepakati akan dibahas setelah lebaran idul fitri.

Dipenghujung diskusi, Rifnaldi menyampaikan beberapa persiapan mendesak. Antara lain, Sekretariat FJKIP Padang Panjang, Dokumen FJKIP untuk didaftarkan ke Kesbangpol, Menyiapkan Program Induk 2022 – 2023.

Kenudian, Audiensi dengan mitra utama FJKIP Padang Panjang yakni Dinas Kominfo selaku PPID Utama pada minggu ketiga Mei 2022

Selanjutnya, Aundiensi dengan DPRD Kota Padang Panjang, Melakukan monitoring dan pengawasan terhadap anggaran FJKIP Padang Panjang yang telah disepakti sesuai dengan kebutuhan program yang diajukan akan dibahas lebih kongkrit dalam rapat berikutnya.

Terakhir, melakukan sinergitas dengan OPD agar bisa menjadi narasumber untuk membangun FJKIP kedepan. Km/rel