Tampung Aspirasi Jemaah Masjid Hidayah Gumala, Tim TSR 1 Padang Panjang Dipimpin Langsung Oleh Wako

Padang Panjang, Investigasi – Setelah dua tahun kebelakang ini, program-program safari ramadhan dari pemerintahan tidak berjalan seperti biasa karena dibatasinya segala aktivitas keramaian oleh virus dunia covid-19 yang merebak. Namun Alhamdulillah, tahun ini kita sudah mulai menjalankan kehidupan normal sebelum adanya covid-19. Seperti halnya kali ini, Tim Safari Ramadan (TSR) 1 Pemko Padang Panjang kunjungi Masjid Hidayah Kelurahan Guguk Malintang (Gumala), Padang Panjang Timur, yang dipimpin langsung oleh orang nomor satu di Padang Panjang Walikota H. Fadly Amran, pada kamis (14/01/2022).

Dihadapan jamaah dan pengurus masjid, Walikota H. Fadly Amran menyampaikan sejumlah program pembangunan yang telah dan yang akan dilakukan oleh Pemko Padang Panjang, khususnya program beasiswa anak dan penanganan Covid-19. โ€œSaat ini, pemerintah telah memprogramkan beasiswa anak serta menggalakan program vaksinasi anak dan vaksinasi Booster.
“Alhamdulilah, beasiswa anak dan capaian vaksinasi kita cukup baik, tetapi kita juga meminta kepada masyarakat mematuhi protokol kesehatan,โ€ kata Walikota. Sementara itu, ketua Masjid Hidayah Nur Idris, kepada TSR 1 manyampaikan saat ini selain kelanjutan pembangunan masjid, masyarakat Gumala sedang membutukan kamar MCK (Mandi/Cuci/Kakus) umum.

“Bagi masyarakat yang tidak memiliki MCK, kita tidak tega rasanya menutup fasilitas MCK masjid,” kata Nur Idris. Kemudian Nur Idris juga menambahkan, untuk pembangunan MCK Umum ini, kita hanya punya lahan, cuma tidak punya dana untuk membangunnya. “Jadi kita harap kepada Walikota kalau ada program untuk MCK ini tolong diprioritaskan ke Gumala,” kata Nur Idris menyampaikan aspirasi masyarakat. Menjawab hal itu, Wakil Ketua DPRD Padang Panjang Yulius Kaisar, mengatakan silahkan bikin proposalnya dan secepatnya di ajukan ke perkim, nanti dalam membahas anggaran perubahan silakan diusulkan oleh perkim, begitu juga dengan kelanjutan rehab pembangunan Masjid, silahkan diajukan oleh Kesra dan Kesra silakan dalam pembahasan perubahan nanti tolong diusulkan, ya..,” kata Yulius.

Sedangkan untuk penanggulangan ekonomi nasional, saat ini kata TSR 1, dikhususkan kepada masyarakat yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). “Namun bagi masyarakat yang tidak terakomodir melalui program bantuan pemerintah pusat, bisa mengusulkannya melalui dana CSR Bank Nagari atau Baznas melalui Kesra. Wako kembali menjelaskan, bahwa pemerintah akan terus memperhatikan masyarakatnya, bagi yang tidak bisa diakomodir melalui program-program bantuan pemerintah pusat, akan kita usahakan melalui program yang ada di pemerintah Daerah”, katanya. Diakhirnya, Tim safari Ramadhan (TSR) 1 Padang Panjang menyerahkan bantuan dana senilai 20 juta, dan pribadi Wako Fadly berupa Alquran 26 buah disaksikan, Kadis Perkim Alfesina, S.T, M.T, Kaban BPBD dan Kesbangpol I Putu Venda, S.STP, M.Si, Kesra Erwina Agreni, S.Si, M.Si, Kepala DKK dr.Faiza, Kakamenag Drs. H. Alizar, M. Ag, Camat Timur Drs.Asrul, serta didampingi oleh Jurnalis dari berbagai media. Km