Kecuali Buncis dan Timun, Harga Sayuran di Pasar Sawahlunto Stabil

SAWAHLUNTO, investihasi.news– Harga sayuran dan sejumlah komoditi pangan di Pasar Kota Sawahlunto terpantau masih stabil sepekan awal Ramadhan 1443 hijriah ini. Kecuali sayur buncis dan timun yang mengalami kenaikan, namun sebagian besar masih stabil.

Data yang diperoleh dari Bidang Perdagangan Dinas Koperindag Kota Sawahlunto, harga jual buncis pekan ini Rp2.000 perkilogram, dari pekan lalu Rp6.000 naik menjadi Rp8.000. Timun naik Rp2.000 dari Rp6.000 menjadi Rp8.000

Staf Pendata Bidang Perdagangan Diskoperindag Kota Sawahlunto Titin K Senin (4/3/2022) menerangkan, selain harga buncis dan timun yang mengalami kenaikan, Seperti sayur bayam, kacang panjang, buncis, dan sawi. Sayur bayam masih tetap Rp3 ribu per ikat, kacang panjang Rp3 ribu per ikat, kentang Rp10 ribu per kilogram dan sawi Rp5 ribu per kilogram.

Harga tomat juga tak bergerak Rp5.ribu per kilogram. Titin menjelaskan, kenaikan atau turunnya harga komoditi biasanya dipengaruhi oleh pasokan dari daerah penghasil, faktor cuaca dan distribusi. (T.Ab)