Bupati Harapkan Uda Dan Uni Duta Wisata Sijunjung Bisa Beri Hal Positif

Sijunjung, investigasi.news – Pentas pemilihan Uda dan Uni Duta Wisata Kabupaten Sijunjung, Sumatra Barat 2022 kembali membahana di Gedung Pancasila Muaro, Sabtu malam (3/9/22).

Kegiatan tersebut berlangsung meriah diiringi musik dari Sanggar Kalambu Suto. Sebanyak 10 pasang finalis bakal disaring hingga menyisakan tiga pasang yang terpilih juri.

Pada kesempatan itu, Bupati Sijunjung menyebutkan, pemilihan Duta Wisata Uda dan Uni merupakan ajang strategis dalam upaya menciptakan generasi muda yang berbudaya, religius dan beretika sekaligus berwawasan pariwisata. Melalui duta-duta yang terpilih nantinya akan dapat memberi nilai lebih bagi aktifitas promosi dan pemasaran pariwisata.

“Melalui pemilihan duta wisata uda uni di Ranah Lansek Manih 2022 ini, diharapkan dapat menghasilkan generasi muda berprestasi, inovatif dan kreatif. Tentunya akan mendukung aktivitas promosi dan pemasaran pariwisata,” ungkapnya.

Sektor pariwisata, dikatakan bupati, sekarang menjadi prioritas pembangunan di Sijunjung. Semua potensi yang ada didorong supaya Sijunjung menjadi destinasi utama di Sumatra Barat. Apalagi Kabupaten Sijunjung sudah resmi menyandang status sebagai Geopark Nasional.

“Hal itu bukan saja tugas pemerintah, melainkan menjadi tugas bersama untuk pengembangan semua potensi tersebut, sehingga Sijunjung jadi destinasi wisata utama di Sumbar maupun nasional,” terang Benny.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sijunjung Afrineldi menjelaskan dari 50 peserta, sebanyak 20 orang terpilih sebagai finalis.

“Sebanyak 20 finalis kembali disaring pada malam grand final ini untuk memperebutkan tiga predikat yaitu Juara I, Wakil I dan Wakil II Uda Uni Kabupaten Sijunjung,” ujarnya.

Adapun dewan juri dalam ajang pemilihan Uda Uni tersebut, Adritanzil yang merupakan Ketua Perkumpulan Profesional Make Up Artis Sumbar, Dr. dr Linda Rosalina yang merupakan Dekan Fakultas Parawisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang, Yogi Afriandi yang merupakan Ketua Ikatan Uda Uni Sumbar dan Tasrial Efendi yang merupakan Fungsional Umum pada Dinas Pendidikan dan Budayaan Kabupaten Sijunjung.

Hadir kesempatan itu, Wakil Bupati Sijunjung Iraddatillah, Unsur Forkopimda Kabupaten Sijunjung, Ketua TP PKK Kabupaten Sijunjung, Ny. Riri Benny Dwifa, Ketua GOW Kabupaten Sijunjung, Ny. Dona Iraddatillah, Asisten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Camat serta undangan lainnya.