Bupati Benny Utama Dianugerahi Tokoh Keterbukaan Informasi Publik 2022

Bupati Pasaman H. Benny Utama terima Anugerah BUKA Award selaku Tokoh yang memiliki komitmen tinggi dalam mengembangkan keterbukaan informasi publik, (Foto: Ist)

Pasaman, Investigasi.news – Bupati Pasaman H. Benny Utama terima Anugerah BUKA Award selaku Tokoh yang memiliki komitmen tinggi dalam mengembangkan keterbukaan informasi publik, Senin (12/12) di Hotel Teruntum, Padang.

Bupati Pasaman tidak sendirian, karena ada 10 Tokoh lainnya yang diganjar anugerah yang sama oleh Perhimpunan Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik (PJKIP) bekerjasama dengan Komisi Informasi (KI) Sumatera Barat.

“Terimakasih atas penghargaan yang diberikan, dan ini menjadi motivasi untuk lebih mengembangkan iklim keterbukaan dan transparansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman selaku badan publik,” ujar Bupati Pasaman H. Benny Utama.

Komisioner Komisi Informasi (KI) Sumbar, Adrian Tuswandi dalam keterangannya menyebutkan, penghargaan BUKA Award diberikan per-Empat tahun sekali kepada Tokoh Keterbukaan Informasi Publik, hasil penelursuran PJKIP terhadap tokoh badan publik, baik daerah maupun di pusat pemerintahan.

“Tim BUKA Award memotret tokoh badan publik terkait niat, komitmen dan konsistensi terhadap Keterbukaan Informasi Publik berdasarkan UU 14 Tahun 2008. Penilaian mulai dari penelurusan mesin pencari sampai penilaian makalah nominator oleh Tim BUKA Award 2022,” ujar Adrian (Toaik) Tuswandi didampingi Tim BUKA Award 2022 dari Perhimpunan Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik (FJKIP).

Ketua FJKIP Gusriyono menjelaskan bahwa tokoh penerima BUKA Award 2022 harus betul-betul teruji soal Niat, Komitmen dan Konsiatensinya (NKK) terhadap UU 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Sementara itu, Koordinator BUKA Award 2022 Almudazir menambahkan, Anugerah BUKA Award tidak diberikan setiap tahun dan skopnya nasional, karena BUKA Award diberikan juga kepada tokoh pimpinan badan publik di lembaga tingkat pusat.

“Alot soal pimpinan badan publik mana yang masuk nominator karena NKK-ya beti (beda tipis) sekali, penyerahannya direncanakan saat Hari Anugerah Keterbukaan Infomasi Publik Provinsi Sumbar,” ujarnya.

Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi dalam sambutan di acara tersebut menekankan, bahwa keterbukaan informasi hendaknya menjadi budaya di kalangan birokrasi.

“Keterbukaan informasi dan transparansi harus menjadi nafas bagi birokrasi, mulai dari pusat hingga ke tingkat nagari,” tekan gubernur.

Berikut sebelas tokoh yang diberikan anugerah BUKA Award 2022;
1. Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc, (Menteri PUPR),
2. Ir. H. AA LaNyalla Mahmud Mattalitti (Ketua DPD RI),
3. Supardi (Ketua DPRD Sumbar),
4. Prof. Drs. H. Ganefri, M.Pd., Ph.D. (Rektor Universitas Negeri Padang),
5. H. Benny Utama, S.H., M.M (Bupati Pasaman)
6. Eka Putra, S.E., M.M (Bupati Tanah Datar)
7. Khairunas, S.IP, M.Si (Bupati Solok Selatan)
8. Sutan Riska Tuanku Kerajaan, (Bupati Dhamasraya)
9. H. Fadly Amran, B.B.A (Walikota Padang Panjang)
10. Dr. H. Genius Umar, S.Sos, M.Si (Walikota Pariaman).
11.. Hendra Pebrizal, S. Sos, MM (Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Padang).–(*).

#Sumber : KI Sumbar dan Tim BUKA Award 2022.